jump to navigation

Mesin DOHC 150 cc, Perlu Nggak Seh !!!! Juni 2, 2014

Posted by sobatrodadua in Uncategorized.
trackback

Malam bro sis sekalian, sejenak sang adminoff dulu dalam aktifitas ngeblog dan berkunjung kewarung serta nitip jemuran. Karena load pekerjaan lagi tinggi2nya. We haven’t long time .. 👿 . Perdebatan yang tidak ada habisnya ketika kita membicarakan motor dengan kubikasi mesin 150 cc. motor dengan kubikasi kecil ini banyak diisi oleh sport touring dan komuter. Kita bicara mesin 4 langkah jadi hilangkan dulu ninja rr dan super kips.. Kita concern pada brand yang udah mengusung basis mesin 4 langkah.

Ada honda verza, NMP, byson, new vixion, dan R15 yang masih mengusung mesin SOHC. Namun disilain ada CB150R, suzuki satria F dan CBR150R yang ketiganya mengisi line up mesih DOHC. Namun dari kedua basis mesin ini yang menjadi pertanyaan, apakah perlu penggunaan mesin DOHC namun mengorbankan durability part dan inefisiensi BBM.

Secara general, menjamurnya motor batangan dengan kubikasi 150 cc karena keperluan keseharian. Latar belakang yang punya pun berbeda mulai dari buruh, pelajar maupun pekerja kantoran. Setiap hari digunakan untuk stop and go dan pasti sasaran pasar ini adalah efisiensi penggunaan BBM. Jika kita mencoba komparasikan antara DOHC dan SOHC standard pabrikan di kelas ini tidak terjadi range yang signifikan antara power dan top speed. Kecuali motor yang mengusung body slim dan bobot ringan semisal satria F. Artinya secara filosofi penggunaan kubikasi dapur pacu 150 cc standard pabrikan tidak dirancang untuk menonjolkan speed. Jika anda bilang bahwa motor sport 150 cc wajib kencang. Boleh saja, namun mentok di angka 130 km/jam baik SOHC maupun DOHC. Power pun 11 : 12 perbedaan hanya sekita 1 PS. So not significant point to power and speed… Secara desain pabrik memang sport 150cc dilarang kencang.. Mau kencang ambil 250 cc yang keseluruhan menggunakan DOHC…

Namun sah sah saja jika kita membanggakan DOHC pada segmen ini. Mantap diputaran rpm atas dan dapat mengail nafas lebih panjang dibanding SOHC. Hal ini memang benar adanya.. Namun anda akan mengorbankan effisiensi.. Dengan kailan RPM lebih tinggi maka semburan kabut BBM lebih tinggi yang berefek pada konsumsi BBM akan tidak effisien.. Lainya lagi konsumen pada kubikasi ini masih halal memakai premium aka bensin bersubsidi.. Yang artinya pabrikan sudah berfikir bahwa user dikelas ini lebih memilih effisiensi daripada kompresi tinggi. Lebih bersahabat dikantong tidak boros.. Mari kita lihat lagi beberapa kisaran harga spare part di segmen 150 cc maka harga masihlah rasional dan lagi – lagi orientasi lebih kepada effisiensi.

Namun bagi yang mengusung mesin DOHC pada segmen ini ketika kita coba compare efisiensi vs 150 cc.. Tidak akan ketemu.. Boleh minum premium namun ketika mesin kena masalah maka biaya yang dikeluarkantidaklah sedikit. Artinya satu sisi menginginkan segmen ini mencari keiritan disisi lain mahal di ongkos repairing engine.. Menurut pandangan pribadi saya Lebih realistis dan ideal di segmen ini adalah pure effisiensi… Terutama pada konsumsi BBM dan perawatan engine.. Lah om sama dengan metik donk??? Iya selisih 25 cc dengan metic dan bebek jangan berharap banyak… Kalopun berharap banyak ambil yang 250 cc real DOHC 2 cylinder…

Last.. Debatable antara SOHC dan DOHC pada kubikasi 150 cc.. Jebule beda jenis mesin ko power 11 : 12 mas bro… Mau kenceng tuh DOHC 250 cc perbedaanya signifikan masbro.. Baru mantappppp :mrgreen:

Posted from WordPress for Nokia 3310 Limited Jadul Edition

Komentar»

1. Devi Kurniawan - Juni 2, 2014

pertamax

Suka

Devi Kurniawan - Juni 2, 2014

tergantung siapa yang ditanya, tergantung dia mau jawab ato ngga…. wkwkwkkwkk…
intinya person to person beda, dohc & sohc 2-2nya punya +- masing2, dengan catatan jumlah klep sama 🙂

tunggu posting selanjutnya di
http://devmoto.blogspot.com

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Mantappppp mas brooo

Suka

Devi Kurniawan - Juni 3, 2014
2. nivikoko - Juni 2, 2014

Woyy kenceng amet mas bro…

Suka

Devi Kurniawan - Juni 2, 2014

pas buka e-mail ada posting baru yg nongol… aslinya mau kirim bukti transfer tp mampir dulu lah 😀

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Berlangganan kang.. Suwun masbro…

Suka

3. kudo78dk - Juni 2, 2014

yg jelas dohc lebih boros, baik sparepart maupun konsumsi bbm…. itu saja,semua tergantung selera… kalau suka yg boros ya silahkan,mau hemat uang silahkan…..
http://78deka.wordpress.com/2014/06/02/ini-nih-klan-byson-yang-paling-banyak-mendapat-sanjungan/

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Hemat dan boros di kelas 150 itu sebenere ngefek nggak sebenre kang bro?? Dilalah malah boros e speed 11 : 12 sama yang irit..

Suka

kudo78dk - Juni 3, 2014

150 cc kelas awam jelas ngaruh lah… kecuali kalo duit masih minta jelas ga mikir

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Nahhhhhh… Jadi 150 cc wajib irit ya mas bro.. Ngoahahahhahahaha

Suka

4. Ferboes Richardson - Juni 2, 2014

Kalo bagi saya pak, yang penting keren, awet, dan irit
http://ferboes.com/2014/06/02/topspeed-semakin-bertumbuh-masuk-akal-kok/

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Nahhhhhh mungkin ini reliable dari segmen 150 cc… Irit dan awet… Jebule kita sama masbro.. Hehehe

Suka

Bapak'e Salma - Juni 3, 2014

idem karo kang ferboes

Suka

5. java36 - Juni 2, 2014

emg sih 11 12. kayaknya lebih ke pride aja om, bangga motornya udah dohc padahal belum tentu buat kebut2an. jarang malah pengguna sport kebut2an, yg sering kebut2an tuh bis malem di jalur pantura

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Ngoahahaahha kalo bis malem jangan ditanya mas bro… Seng nyupir gak punya udel.. Heheheh iya juga sebenre intisari ini apakah 150 cc DOHC performa brbanding lurus dengan inefisiensi BBM..

Suka

6. mariodevan - Juni 2, 2014

Perlu donk …… biar kliatan teknologi motoGP wkwkwkwk

http://mariodevan.com/2014/06/02/jadi-pengusaha-bareng-sun-indonesia/

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Wkwkwkwkwkwkkw…. Entar dikira mocingp malahan..

Suka

7. warungasep - Juni 2, 2014

yg penting ada lampunya…

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Nahhh ini aku sepakat sekale sama mang asep.. Hehehe

Suka

warungasep - Juni 3, 2014
8. vixioner007 - Juni 3, 2014

menurut ane nggk perlu gan.. karna rata rata motor dngn kubikasi 150 cc di peruntukkan untuk harian dan yang di butuhkan motor harian adalah keawetan mesin, irit, dll.. dan itu semua lbih menonjol ke mesin sohc..
di pasaran kalau std dohc vs sohc juga nggk ada bedanya.. ndk terasa dohc nya..mungkin yang plg mencolok limiternya.. itupun juga naiknya rpm bkl cepet dohc.. ex : nvl vs cb.. walaupun limitnya tinggi cb namun di setiap gear top speednya bakal sama..

kalau dohc sebenarnya bisa di rasain di motor 250cc.. ex : r25, ninin.. bener2 ngisi banget tenaga atasnya dan gear 6 nya pun bukan overdrive..
kalau 150cc mau dohc ya tetep naiknya rpm cepet dan tenaga atasnya nggk begitu ngisi alias nambah speednya dikit sama kyk motor2 lain… dan gear 6 nya pun juga cuma overdrive agar mesin rileks..

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Informasi baru nih kang bro…. Penjelasane malah lebih lugas… Saya juga sebenere bingung kenapa gear 6 dibuat overdrive yang artinya konsumen disini udah melek milih mesin DOHC karena ingin performa lebih tinggi.. Kalo overdrive kan mengoptimalkan effisiensi BBM.. Kan gak singkron dengan tag line DOHC motor kencang… Heheheh

Suka

9. cahyadip - Juni 3, 2014

Satria FU150 kenapa DOHC ya?

Suka

10. genbuz - Juni 3, 2014

Pokoke mas, kalo 150cc itu harus kuenceng, boros dikit gak apa2… Nah kalo mau irit tuh baru yg 250cc 1 liter kan bisa 50 km…

*keknya kebalik lagi deh komen ane…

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Tuing tuing sambil mikir.. Ne bro genbus malah ndagel.. Ngoahahahaha

Suka

11. Mase - Juni 3, 2014

mungkin cuma buat menaikkan gengsi saja ya

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

nahhh mungkin sebagian mengganggap seperti itu… 😀

Suka

Mase - Juni 3, 2014

Btw itu yg bawah…. ahhh sudahhhlahhh…

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

biasa lah aye kan konsisten mas broo…. motor = lads udah ketetapanya ngoahahahaha

Suka

Mase - Juni 3, 2014

ane juga konsisten mantengin gmbr paling bawah kok…jooss

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

itoee bisa bikin mata sehat kang.. ngoagahahaha

Suka

Mase - Juni 3, 2014

Wakakkakakakk Vit A 150 cc eh…

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

1000 mg … ngiahahaaha serasa naik R1..

Suka

Mase - Juni 3, 2014

Wakkakakakkk…

Suka

12. orong-orong - Juni 3, 2014

gak perlulah kan sudah punya punya enpe el, yang perlu tuh konsisten cabenya #eh

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

jiahhhhhh…. en pe elll…. udah setahun je ,,,,, barusan diperpanjang kontraknya dinegara.. ngoaahahaha.. wahhh tuh bukan cabe kang tapi udah sambal… 😀

Suka

orong-orong - Juni 3, 2014

kimcil juga boleh #eh

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

#ehhh…. lebih demen yang agak tuaan dikit.. ngoahahahaah

Suka

orong-orong - Juni 3, 2014

woh selera janda anak 1 sama dengan eko prant ( mase )

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

ngoahahaah anaknya masih umur dua tahunan.. ehhh tuh dia juga komen di aats.. ntar kesamber….

Suka

orong-orong - Juni 3, 2014

biarin ts nya udah cincay ma ane

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

samaa – sama suka kimcil #ehhhhhhhh

Suka

orong-orong - Juni 3, 2014

hayah

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

ngiahahahaahah 😀

Suka

Bapak'e Salma - Juni 3, 2014

iki do ngomong opo to, tak melu2 saknu. lebih enakan ibu2 muda lho

Suka

13. enoanderson - Juni 3, 2014

Berarti pembahasannya belum sampai ke Upgrade Performance ya. . . hehee 😀

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

belom kang.. bicara standard pabrik paket dari pabrik.. heheeh

Suka

enoanderson - Juni 3, 2014

Sipp deh masbroo. . . Joss !! 😀

Suka

14. vixioner007 - Juni 3, 2014

ooh ternyata gnanya overdrive buat efisiensi bbm to.. baru tau ane hehehe.. ane kira buat merileks kan mesin..

iya jugha sih gan.. memang kebanyakan orang memilih motor dgn mesin dohc itu karna tergiur akan performa yang di tawarkan.. pokoknya kalau udh liat stripingnya ada kata2 “DOHC 6 SPEED” lgsung tergiur dah.. apalagi yang gila kecepatan..
dan mereka pun membeli motor mesin dohc rata2 mengkesampingkan konsumsi bbm.. karna motor pure dohc pasti boros..
tp ya itu gan.. pabrikan2 sekarang merancang mesin dohc 150 cc bkn untuk pure speed.. namun untuk motor harian yang di tuntut harus irit bbm.. dan speed nya pun di korbankan.. dan pada akhirnya kayak sekarang sohc dan dohc nggk ada bedanya.. irit, akselerasi putaran bawah nampol kyk sohc, powernya pun sohc sekarang bisa ngimbangi dohc sekarang..

Suka

15. ndesoedisi - Juni 3, 2014
nivikoko - Juni 3, 2014

hehehehe hajaarrrr 😀

Suka

16. ari - Juni 3, 2014
nivikoko - Juni 3, 2014

asal nggak meleduk kang.. ngoahahaha

Suka

17. Dide Irvin - Juni 3, 2014

DOHC perlu bro
biar dibilang ngerti mesin wkwk :mrgreen:

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

wkwkkwk noted mas broo…. berarti kalo punya SOHC kagak ngerti mesin ya … 😀

Suka

Dide Irvin - Juni 3, 2014

katanya gitu bro wkkk :mrgreen:

Suka

18. Yoyok Efendi Mayayuliana - Juni 3, 2014

Kalo saya cukup supra 125 temani aktifitas kerja, si Tiger karena boros BBm hanya dipake Kerumah Nenek & JJS week end. (borosnya Tiger dibanding supri 125 jangan yg lain ya)

Suka

19. Mas Wiro - Juni 3, 2014

Perlu atau tidak tergantung kebutuhan…
Apalagi kalau sudah niat mau main” speed 🙂 (baca:oprek)
—–
http://nyobamoto.com/2014/06/03/opini_di-mugello-2014-honda-meningkat-pesat-tumbangkan-dominasi-yamaha/

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

noted mbah.. 😀

Suka

20. Hermawan - 4G92Mivec - Juni 3, 2014

Imho…Perlu aja, karena tidak semua orang mementingkan efisiensi.
Jadi tetep pilihan ada di konsumen, mau ngoprek mending DOHC, jelas potensi motor kenceng lebih besar. Kalo mau irit seharusnya pilih SOHC. Mau lebih irit lagi, pilih aja skutik 😀

Suka

wtf170 - Juni 3, 2014

setuju…

Suka

21. wtf170 - Juni 3, 2014

selera sih…kl rider suka main atas milih DOHC,kl rider suka torsi milih SOHC…..imho
kl rider seneng main atas buanget milihnya 2 stroke…kayak ane…ngoahahaha…

Suka

22. Muhamad Ridwan - Juni 3, 2014

jadi bingung mau meminang salah satunya

Suka

nivikoko - Juni 3, 2014

Ambil sesuai selera aja mas bro.. Heheehehe

Suka

23. ninja150ss - Juni 5, 2014

satria fu yg notabene berbobot ringan saja konsumsi bbm jg boros koq,cb aja bawa pelan&kenceng,bedanya gk tll jauh.
yah org mmg beda2 kang,tergantung selera,kl mtr pertama&sll bwt harian y pilih 150cc yg sohc krn irit,tp kl udah mtr kedua,dst y terserah,hehehe….

kl ane pribadi tuh foging piston gk bwt harian,jd boros tdk mengapa,namanya jg cari sensasinya.
tdk slamanya mtr kencang bwt ngebut trs,sesekali boleh lah…. 😀

Suka

nivikoko - Juni 5, 2014

Nahhh kalo motor kedua ini bisa jadi not efficiency just fun and adrenaline test… Namun sebagian user menaggap motor kedua adalah masalah pride / prestige dan premium.. Mungkin 250 cc keatas ya… Atau yang seperti sampean bilang foging piston 2 tak yaang sekarang udah jarang ditemuin di jalan. Karena populasinya yang semakin berkurang.. Lebih ke pride… Juwossssss

Suka

ninja150ss - Juni 5, 2014

tdk smuanya kang mtr ke-2 hrs yg 250cc keatas,kn jg kebentur harga,kl yg sanggup tdk mslh,ati karep bondo cupet.
dl ane sempet naksir nvl tp syg mtr pasaran,kl mo dibikin weekend warior krg greget,enggak jd deh. pdhl nvl jg bgs,irit. cb kl old vixi tu2p tanki rata,kyknya minat jg,syg mesinya udah 1pa(ovi yg skrg lho y,yg 2nd mah msh 3ci)design overlasting.
mau irit udah ada beat&supri,mau 250cc bs disuruh tdr emperan deh 😥

bwt gubukan dl,hbs itu hhmmm….pst kepengen naek kelas,skalian yg 4silinder V engine kl ada hehehe 😀

Suka

24. Setyawan - Juni 16, 2014

setelah saya baca diatas kesimpulanya adalah motor 150 gk usah neko-neko
lha terus menurut mas nivikoko apakah perlu motor 150cc harian pake diasil cylinder mengingat cyilinder jenis itu gk bisa di oversize jadi semisal oblak harus ganti cyilinder itu kan jg mahal

Suka

nivikoko - Juni 16, 2014

Diasil cylinder hanya material penysun bro.. Yang mengedepankan durabilitas dan minim perawatan. Ujungnya adalah mengarah ke efisiensi. Kalo masalah ganti itu mahal atau tidak, relatif kang bro… Kan pabrikan juga berikan garansi mesin 5 tahun. . . Cmiiw imho kang bro :mrgreen:

Suka

Setyawan - Juni 17, 2014

#kalo_saya_no

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

SETIAPWAKTU

Barometer Informasi Segala Zaman

Prayedtotife

apa adanya ditulis....belajar belajar dan belajar

NENDANGBANGET.NET

Semua Berita Paling Nendang Ada Disini

PEYSBLOG

Two Wheel Sketch, Story and Analysis

YUDIBATANG.COM

Berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita Horor Original

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

BladeusMagz

Bladeus Magazine - All About Automotive - Humor - Games - and Many More....

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

Aripitstop.com

otomotif news

MenyusuriJalan.Com

Otomotif, Kuliner, Wisata, Jalan-jalan

Ndesoedisi

Blogger Ndeso Berbagi Cerita

RPMSUPER.COM

Blog Otomotif Indonesia

KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

Bikes|Cars|Test Ride|Reviews

%d blogger menyukai ini: