jump to navigation

Opini : Salah Kaprah Komparasi Uji BBM Xeon GT VS Honda Vario Techno Januari 8, 2014

Posted by sobatrodadua in Uncategorized.
trackback

Gambar

Siang Bro sis sekalian, Nyengir plus tepok jidat ngelihat gambar yang di pambang di blog otomotif.net. pasalnya head topik yang di sajikan adalah Klaim Konsumsi BBM Yamaha GT125, Lebih Irit Dari Kompetitor! e ndelalah ko isi didalamnya secara akal nalar fikiran normal menjadi wagu alias aneh. Tak heran artikel ini juga muncul karena greget nang ati ko iso berita seperti itu muncul dan tanpa klarifikasi yang jelas.

Disini ane sedikit akan mreteli beberapa info yang menurut analisa semiotika komunikasi ko radak aneh. kita mulai preteli satu persatu kalimat demi kalimat yang tersirat dari master image/baner/dll yang mampang di atas. cekidot :::::::: 😀 😀 😀

  1. disebutkan dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam, GT125 memperoleh hasil konsumsi bahan bakar 14,72 km/liter sedang kompetitornya hanya 14,43 km/liter (angka 14 km/liter untuk ukuran skutik 125 cc sangat imposible lah wong semprot 150 cc DOHC aja bisa tembus 24-30 km/liter. untuk mobil mungkin iya….)
  2. Disebutkan juga dengan metode eco riding di kecepata rata-rata 30 km/jam konsumsi bahan bakar yang didapat mencapai 20,82 km/liter sedang kompetitornya hanya 19,94 km/liter (aco riding untuk data semprot aje bisa 45 – 50 km/jam. lah ini cuman dapat 19 – 20 km/liter gulung kuming plus ndlosor ane gan bacanya)
  3. Pada kecepatan konstan 40 km/jam hasilnya mencapai 78,98 km/liter sedang kompetitornya hanya 39.3 km/liter (Perbedaan angka yang cukup signifikan dari 78,98 ke 39,3 km/liter. dua kali lipatnya loh…. masbullah sangat salah dan terlihat bodohnya disini. kalo rentang 2 – 5 km/liter mah mending dan wajar. nah ini………… dengan dimensi mesin yang sama-sama 125 cc pembakaran full injeksi lah bedane perlitere 39,68 liter. sangat tidak logis dan salah kaprah)
  4. Pada kecepatan konstan yang lebih tinggi yaitu 60 km/jam, Xeon GT125 mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 78.59 km/liter sedikit lebih boros dari kompetitornya yang mampu mencapai 79,37 km/liter (Ini Masih wajar tapi apa iya…… )

Mungkin agan agan sekalian merasa gemez dan pengen sobek-sobek atau buakar majalah yang memberikan informasi yang menyesatkan bin tahayul seperti di atas. apalagi membawa embel-embel pengujian dilakukan di ITB (salah satu kampus terbaik di Indonesia). ko ya bisa-bisanya…… demi sesuap nasi kah? atau melakukan BC, tapi cerdaslah sedikit bro.. konsumen sekarang sudah pada melek teknologi. Jadi dengan komparasi hal yang salah seperti ini malah menjadikan image negative buat konsumen yang membacanya.

Note : melakukan promosi dan komparasi itu sah-sah saja, asal jangan bohongi konsumen. oke guys!!!! keep safety riding 😀

Gambar

abg cantik mulus toge montok-8

Ane Nggak salah kaprah loh om??? udah dari sononya gene 😀 😀 😀

Komentar»

1. ninja150ss - Januari 8, 2014

asli BC itu…
buaaakkaarrr aja
ninin ane aja bs 25km/liter koq….ngebut itu

Suka

nivikoko - Januari 8, 2014

nah lo di buakar pakai pertamax plus jian juwoss…. gene juga ada blogger yang copas langsung dan nggak ada yang mengkritik… buahahahahaah

Suka

2. motoralay - Januari 8, 2014

Titipan Pabrikan dan Fbnya sudah turun temurun dalam hal BC nya…

kwek kwek kwek

Suka

nivikoko - Januari 8, 2014

yang miris lagi kenapa juga blog ternama bisa langsug kutip tanpa melakukan review…. jiahhhhh 😀 BC sudah membabi buta

Suka

3. s0erya - Januari 8, 2014

di kampleng verza amoh kwi ngko! 😀

Suka

nivikoko - Januari 8, 2014
4. zizi - Januari 8, 2014

Kalo itb tanya metodologi penelitiannya aja… 😀
Paling tuh ga cantumin lama pengujian.. harian apa bukan…
Yg pasti kendaraan di jakarta rata2 cuma 10kpj.. 2015 macet total..
Bekasi jakarta 28 km.. macet jakarta pagi jam 6 paling cepet sejam baru nyampe.

Suka

nivikoko - Januari 8, 2014

nah itu…… cuman untuk kubikasi engine sebesar 125 cc angka 19 km/liter ko ya semua pasti bilang ini salah bro… cuman opini saja rata-rata gen 125 cc bersistem injeksi / pengabutan bisa up to 50 – 60 km/liter average kecepatan 50 km/jam dengan bahan bakar ron oktan 88.

Suka

zizi - Januari 8, 2014

Average harian jakarta ga ada yg 50kpj masbro… ini kesalahan presepsi cuma liat yg sering nongol dispido.. 10 kpj tuh normal jakarta..ini penelitian ilmiah. Kalo 30kpj tuh dah 3x diatas rata2 org jakarta.. kasi gambaran ya di lamer kec 0 kpj.. padat merayap 3-10kpj.. nanti dirata2 semua tuh gampang.. liat jarak tempuh ama waktu aja..
Jarak 10km.. kalo bener ada yg bisa rata2 50kpj.. tuh cuma 12 menit,. Dimana yg ada kyk gt di jam sibuk jakarta

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

jadi kalo metode uji seperti itu bisa jadi faktr kemancetan yang sangat mempengaruhi bro. finally hasil uji km/liter masih bisa dilakukan review… bener kan ya????

Suka

5. zizi - Januari 8, 2014

Ane malah setuju bukan pihak pabrikan yg nguji.. kredibilitas itb yg dpertaruhkan kalo maen2..
Kecuali yg biasa ngebut. Jadi lampu merah yg 200 detik kec nunggunya 49kpj muter ditempat..
Bantah aja data ilmiah kec rata2 kendaraan di jkt 10kpj.. mesti dperjelas definisi kecepatan rata2 apa yg diajarin di mekanika teknik yg dikampus. Atau kebiasan test ride apa yg sering kebaca di spido aja

Suka

nivikoko - Januari 8, 2014

kalo menurut ane seh ini bahasa marketing bro… menurut ane seh untuk kelas 125 cc seliter premium dapet 14,7 km itu sangat impossible. mobil aja dengan kubikasi mesin >1000 cc 3 – 4 cyl dan beban berat 11 12 sama hasil tes di atas.

Suka

lililela - Maret 4, 2014

masuk akal bro..ente aja yg responya kepedean ngatain mustahil. coba ente pake motor laki gigi 1 trus kec 30 km/jam konstan paling ga nyampe 15 km dah habis seliter. paling malah 10 km dah habis bensin 1 liter.
logikanya gigi 1 dg kec 30 km/jam itu rpm diatas 11 rb dan bbmnya pasti ngocor…

Suka

nivikoko - Maret 4, 2014

berooo ni bukan motor sport lohh…. nggak pakai gir box…. kalo eco riding kecepepatan stabil di 30 km/jam ya nggak mungkin lah pakai gigi 1… impossible :mrgreen:

Suka

adhies priciladol - Maret 26, 2014

itu ngujinya gas dipantengin trs kecepatan segitu. otomatis gigi msh pke gigi kecil klu dimotor bebek. coba aj bayangin pasti berat kan jalannya. otomatis bensin mengalir deras. tp klu kecepatan 60. gas g terlalu banyak betotnya, cz gigi otomatis msk kelebih tinggi, jd ringan pekerjaannya. motor cc sama tp klu gigi rasio beda2 ya hasilnya beda2. itu teorinya..IMHO metic jg pake gir box, otomatis pindah sesuai beban,.sory klu ada slh nya..

Suka

6. IGO Lover - Januari 8, 2014

bonuse buat saya saja om, tuh ababil cakep banget :mrgreen: ……..

Suka

nivikoko - Januari 8, 2014

husttt… masih under 17 years old… sabar 2 tahun lagi… gubraakkkkkkkkkk 😀

http://nivikoko.wordpress.com/2014/01/03/benarkah-seperti-ini-sosok-yamaha-yzf-r25-produksi-masal/

Suka

7. red tiger - Januari 8, 2014

yg salah bagian mana nya min?

bukanya matic emang boros di kecepatan 0-35 kpj, dengerin rpm mesin dan bandingkan sama kecepatannya.
mesin dah meraung tp jalanya masih pelan, mekanisme kipling masih ada selip, ini yg bikin boros. bedanya si GT 125 mulai 40 kpj dah ga ada selip makanya bensin irit mulai kecepatan itu. kalo Vario 125 iritnya mulai 50 kpj.

jadi menurut saya uji lab ITB itu hasilnya emang bener.
kalo kurang percaya coba aja sendiri.

Suka

nivikoko - Januari 8, 2014

angka 14 km yang ane nggak percaya. mungkin bisa urun rembug danmasukanya????

ini gan???
Pada kecepatan konstan 40 km/jam hasilnya mencapai 78,98 km/liter sedang kompetitornya hanya 39.3 km/liter (Perbedaan angka yang cukup signifikan dari 78,98 ke 39,3 km/liter.

Suka

red tiger - Januari 9, 2014

coba praktekin sendiri jalan konstan di 30 kpj. pasti kerasa selip kopling nya. ini yg bikin boros bbm.

gt 125 pegas cvt diset lebih nggigit sejak 40 kpj makanya di kecepatan itu irit bbm. vario nya di 40 kpj masih ada sedikit selip di cvt maka masih agak boros.

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

nunggu uji kosumsi BBM blogger ternama aja gan. yang pastinya hasil dan dokumen serta foto terlampir. lebih menunukan bahwa informasi yang diberikan benar adanya. kalo asumsi dan hasil seperti di atas. ane pribadi bilang itu ada yang kurang bener.

Suka

ken39 - Januari 9, 2014

jujur, matic keluaran 2007 ane yg biasa dipake tiap hari. Seringnya ya stop n go di max 40. tau sendiri jakarta jam berangkat-pulang kan. Kec max dijalan 80 lah, itu cuman bs pas di joglo sekali doank. Bisa dibilang gaya bebas juga. Toh saya gak pernah pengen praktein ngirit, yg penting sampe rumah. konsumsi bbm-nya berapa ? (metode topup) 37-40an bawah… nah lho

Suka

nivikoko - Maret 5, 2014

yupzzz metode top up…. ane juga pernah lakuin beroh di NVL seliter bensin tembus 37 km

Suka

8. Mase - Januari 8, 2014

bener banget bro…mosok sampai segitunya…makin ngawur aja nih….

Suka

nivikoko - Maret 5, 2014

yupzzzz bener berohhh

Suka

9. Sigit - Januari 9, 2014

kalo meleset dr iklan, tuntut aja tu yg ngetes… biar kapok pada..

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

waduh nanti iklan sudah di tes di ITB dan IPB bisa kena KPI gan….. buahahahahah 😀 😀

Suka

10. andikakusumaharyanto - Januari 9, 2014

Bukannya klo jalan santai motor bisa lebih irit, tp kok ini makin kenceng makin irit dan makin santai jadi boros, 30km/jam 14km per liter, nah yg 60km/jam bisa 78km per liter ?……….edannn…belajar dimana ini ?……pembodohan terselubung

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

nah lohh…… banyak opini yang negatif tentang hasil test ini. apalagi bawa nama ITB… semproolll emang jaman sekarang. lahhh iya metode yang digunakan itu apa?? ko hasilnya amburadul gitu. 😀 😀

Suka

11. denz - Januari 9, 2014

Baca tuh tmcblog, lg dibahas jg.. btw info ente gk berimbang karena cm memakai media massa buat tolok ukur. Kang taufik dapet dokumen buat metode ukurnya tuh

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

uwes tak baca bro…..

tepok jidak plus nyengir aja…..

Suka

12. denz - Januari 9, 2014

Komen malah kena moderasi

Baca tuh tmcblog, lg dibahas jg.. btw
info ente gk berimbang karena cm
memakai media massa buat tolok
ukur. Kang taufik dapet dokumen
buat metode ukurnya tuh

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

ya sah sah saja…. semua bhalayak juga bilang bro kalo itu sangat boros untuk ukuran matic kubikasi 125 cc.

Suka

13. denz - Januari 9, 2014

di tmcblog ada artikel soal metode tes nya. Cb nte baca terus link taro disini biar gk berat sebelah. Seakan2 kesan dari artikel ini ky institusi yg buat komparasi malah buat bc merk orang.

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

jiahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh tepok jidat dan meringis.. nggak segitunya kali bro… konsumen sudah pada cerdas.

Suka

14. Mas Sayur - Januari 9, 2014

honda karismaku 125 cc tiap hari muat sayur sekitar 2 kwt naik turun gunung di jayapura msh bisa 40 km/ liter..
mosok matik kosongan nggak bawa beban 19 km/l ..? kan gak masuk ,ya..?

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

ane juga berfikir kek gitu gan…. cuman dari TMC blog sudah ada data resminya. cuman untuk percaya nggaknya ane masih ragu.

http://tmcblog.com/2014/01/09/nih-bocoran-dokumen-lengkap-test-bbm-skutik-oleh-lapi-itb/

Suka

red tiger - Januari 9, 2014

dah pernah pake matic pa blm min?

ada temen pake scorpio buat kerja di Jkt, ngeluh boros kmudian ganti mio dg thn keluaran sama ternyata malah lebih boros..

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

nyokab ane pakai mio soul bro….. belum sempat uji BBM. emang nggak segitunya borosnya…. seliter rata-rata 35 kiloan. pakai boncengan dan riding normal…

Suka

15. yellowduck - Januari 9, 2014

itu YIMM yang pekok
data di umbar tanpa di cerna terlebih dahulu.
kalo orang bego pasti langsung percaya, tapi kalo orang cerdas pasti jadi pertanyaan.
ane cuma ketawa baca datanya.

Suka

nivikoko - Maret 5, 2014

ane juga ikut ketawa deh berohhh :mrgreen:

Suka

16. ken39 - Januari 9, 2014

saya sekarang percaya, sudah diuji itb dan ipb

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014

dan terbukti ampuh meredakan sakit kepala tak tertahankan.. buahahahaha 😀

Suka

17. blade-in - Januari 9, 2014

Biasa… kalo ada motor lain lebih irit dari Honda , pasti pada teriak … !!!

Suka

nivikoko - Januari 9, 2014
18. AR - Januari 9, 2014

pantesan klo di jalan yg pake matic pada ngebut, terutama mayic dari yimm, ternyata alesannya klo makin kenceng jd lbh irit ya….. canggih yimm 😛

Suka

nivikoko - Maret 5, 2014

yupz bisa jadi beroh.. cuman skala kecol yang ngalamin makin kenceng makin irit 😀

Suka

19. jofrin - Januari 9, 2014

harusnya pengujian dgn motor yg sama2 baru dan dengan rider yg sama mungkin lbh valid 🙂

Suka

nivikoko - Maret 5, 2014

ntar ane email dah ke ITB.. wkwkwkw ?:D

Suka

jofrin - Maret 10, 2014

IPB gak sekalian bro wkwkwkwk

Suka

nivikoko - Maret 10, 2014

Purit mode on 😆

Suka

20. billy - Januari 9, 2014

mungkin itu semua testnya dalam kondisi motor dinaikin ke atas mobil losbak bro.. :mrgreen:

Suka

nivikoko - Maret 5, 2014

hahahaha njenengan ada ada berohh 😀

Suka

21. vario125 - Januari 10, 2014

sekedar tambahan, saya punya vario 125 awal. kalo kecepatan berkisar antara 30-40 kpj, gejala greg-greg begitu terasa. mungkin slip kopling terparah terjadi pada kecepatan tersebut. cuma gak pernah tes konsumsi bbm dan biasanya saya sebisa mungkin tidak jalan di kecepatan tersebut karena kurang nyaman kecuali terkena macet atau yang lain

Suka

nivikoko - Januari 10, 2014

bener juga… gan. cuman kalo dipakai siatas 50 km/jam radak enak opini pribadi pakai mio shoul nyokab ane gan.. iya cuman apakah seboros itu kah?????

http://nivikoko.wordpress.com/2014/01/09/klaim-di-tolak-versi-industri-air-minum-dalam-kemasan-ini-analisanya/

Suka

vario125 - Januari 10, 2014

kalo apakah seboros itu gak nya, saya kurang tahu. tapi kalo area cvt sampai terjadi slip kopling, motor apapun itu pasti boros. mas bro kan membandingkan antara matic dan motor ber-gigi. jelas beda dimana pada kecepatan rencah, kopling pada matic belum ‘menggigit’..

Suka

22. hulssay - Januari 10, 2014
nivikoko - Januari 10, 2014
23. ddganteng - Januari 10, 2014

masih lebih percaya ece r40 ato metode ini masss?
setau ane ece r40 itu metode standar internasional uji konsumsi bbm. yang udah di standarisasi sama UNECE PBB cmiww.
harusnya yamaha punya hasil test pake ece r40 kenapa ga pake itu aja daripada bayar pihak ke 3 dan harus nyari pinjeman ato beli seken motor pembanding

Suka

nivikoko - Maret 5, 2014

seharusnya berohh :mrgreen:

Suka

24. billbull - Februari 9, 2014

Slip kopling cuma terjadi saat motor matic mulai melaju dari posisi diam. Ketika sudah melaju tidak ada lagi selip kopling pada motor matic yg sehat.

Tentu jelas matic atau motor manual akan boros (pencapaian jaraknya rendah). Namanya juga jalan pelan-pelan, jadi jarak yg ditempuh juga pendek.

Faktor utama dalam hal ini adalah putaran mesin (rpm ). Sebagai contoh, kita ambil motor berpersneling. Motor tersebut dapat melaju pada 5000 rpm pada gigi 1 maupun gigi 5. Tentu 5000 rpm pada gigi 5 akan menempuh jarak lebih jauh (km per liternya lebih tinggi)

Hal serupa juga berlaku pada motor matic, makanya hasil test pada kecepatan 30 km/jam mirip-mirip kosumsi mobil.

Kalau perihal perbedaan konsumsi pada kecepatan 40 km/jam. Itu no comment lah. Si yamaha kan harus cari celah sekecil mungkin untuk diangkat jadi nilai lebih buat dijual

Suka

nivikoko - Februari 9, 2014

Yupz.. Nyimak aja gan.. Comenya juwozzzzz gandhosss

Suka

25. sontoloyo - Februari 16, 2014

tenang…itu cuma cari sensasi aja kalee

Suka

26. HomyPed - Februari 23, 2014

WoW klo “Bensin habis” tp boncengin yg “itu” sih se”boros” apapun motornya ga masalah…
Di isi minyak jelantah pun rela…
wkwkwkwk…

Suka

27. lililela - Maret 4, 2014

hasilnya msh masuk akal krn mgkin di kec itu xeon gt lebih irit dari honda. tp kl di tes dg kec 35, 55, 90 bisa saja lebih irit vario drpd gt 125.
kl tes beneran di jalanan sy tdk yakin kl gt 125 lebih irit drpd vario 125

Suka

28. roymanroe - Desember 10, 2014

hahaaa… ketauan boongnya tuh blog. komparasinya gak masuk akal n terlalu jauh selisihnya. lah wong saya punya kedua motor tersebut wekekkeekk.. tepuu!!

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

SETIAPWAKTU

Barometer Informasi Segala Zaman

Prayedtotife

apa adanya ditulis....belajar belajar dan belajar

NENDANGBANGET.NET

Semua Berita Paling Nendang Ada Disini

PEYSBLOG

Two Wheel Sketch, Story and Analysis

YUDIBATANG.COM

Berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita Horor Original

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

BladeusMagz

Bladeus Magazine - All About Automotive - Humor - Games - and Many More....

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

Aripitstop.com

otomotif news

MenyusuriJalan.Com

Otomotif, Kuliner, Wisata, Jalan-jalan

Ndesoedisi

Blogger Ndeso Berbagi Cerita

RPMSuper.com

Blog Otomotif Indonesia

KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

Bikes|Cars|Test Ride|Reviews

%d blogger menyukai ini: