jump to navigation

Petralite Bukan Solusi yang Efisien Pengganti Premium, Ini Sebabnya !!!!!! April 22, 2015

Posted by sobatrodadua in Uncategorized.
trackback

53spbu

nivikoko.com – Pemerintah sudah resmi akan menghapus bensin dengan nilai oktan 88 atau sering kita sebut dengan premium. Produk penggantinya adalah petralite, yang merupakan kualitas BBM diatas premium dan dibawah pertamax. Nilai octan nya diperkirakan pada angka 90 so dengan seperti ini kualitasnya pasti akan diatas premium yang hanya beroctan 88. Secara quality not debatable, karena penggantinya memiliki kualitas yang lebih baik :mrgreen: .

Kualitas yang lebih baik akan ditebus dengan harga yang lebih mahal juga. Ini merupakan hukum ekonomi yang kita semua yakin mengamininya. Ada harga ada barang, dan mekanisme harga jualnya mengkuti pasar dunia. So pemerintah menurut saya sangat berani mengambil opsi ini. Opsi yang sangat rentan terkena virus. Suatu contoh nilai tukar rupiah melemah (harga BBM naik), minyak dunia naik (harga bbm naik) dan menguatnya ekonomi amerika (BBM naik). Tiga faktor ini adalah makro faktor dalam industri minyak indonesia. Tidak ada kemandirian dalam menciptakan produk baru yang diproduksi dalam negeri.

20141101_010719_kilang minyak

Secara proses produksi diyakini atau tidak bahwa premium dengan octan 88 merupakan produk turunan dari pertamax yang di impor oleh negara kita. Artinya ada proses mixing/oplos dalam memproduksi premium. jelas hal ini tidaklah sangat efisien dilihat dari sisi industri perminyakan. Karena ada cost produksi, energy dan orang yang ada didalamnya. Dan final produknya premium harus dijual dengan harga yang murah dibawah pertamax. So hal ini tidaklah efisien sob :mrgreen:

PETRALITE VS PREMIUM
Beda produk beda juga proses pengolahanya, artinya produk petralite yang akan menjadi pengganti premium ini nantinya tidak akan mengalami proses mixing/oplos dan disana letak efisiensinya. Kita sepakat untuk itu !!!!! jika latar belakang kita adalah bekerja disebuah industry maka pemikiran ini sangatlah realistis. Namun apa jadinya apabila harga yang dilempar pemerintah terlalu jauh dari harga premium saat ini.

Asumsi harga 8000 rupiah rasional paling bawah maka selisih 700 rupiah dengan premium
Asumsi harga 8200 ruiah rasional menengah atas maka selisih 900 rupiah dengan premium
Asumsi harga 8400 ruiah rasional paling atas maka selisih 1100 rupiah dengan premium

berita_152558_800x600_20141125_115639_berita-masyarakat-khawatir-bbm-naik-25068_a

Jika anda melihat ini sebagai penopang ekonomi, maka anda akan berbicara berapa dampak inflasi/kenaikan harga pasar terhadap kebijakan pemerintah dengan menghilangkan PREMIUM & Menggantinya dengan PETRALITE. Asumsi kenaikan paling rendah adalah 700 rupiah perliter, maka nilai inflasi distribusi naik 9,5% dan berlaku terhadap patokan harga petralite di SPBU. Semakin mendekati asumsi harga paling atas 8400 maka inflasinya akan naik juga sob.

Pertanyaanya? Apakah dengan hanya menjual petralite, pertamax dan pertamax plus rakyat akan diuntungkan atau justu dirugikan?

Analisa saya adalah banyak yang dirugikan, artinya apa? ketika masyarakat kita yang masuk golongan ekonomi menengah kebawah sampling secara acak menunjukan dalam kehidupan keseharian mereka menggunakan speda motor yang berbahan bakar premium. Artinya apa???? pengeluaran mereka akan naik seiring dengan dicabutnya premium yang akan digantikan oleh petralite.

Hitungan kasar apabila pengeluran mereka untuk BBM setahun adalah 1,2 juta (sebulan 100 ribu), maka pengeluaran mereka akan naik menjadi 1,3 – 1,4 juta pertahunya apabila premium akan digantikan oleh petralite.

Ini hanya perhitungan satu pengeluaran saja, belum lagi harga dipasar yang akan naik beriringan dengan pergantian dari premium ke petralite. Ketika pemerintah berbicara masalah kualitas dan efisiensi dalam pengelolaan migas. Kenapa tidak membandrol petralite sama atau bahkan lebih murah daripada premium. Kalo dilihat dari cost industrinya kan sudah menurun drastis.

KUNCINYA SATU !!!!!!
130619_rupiah-dolar-kurs
Niali tukar rupiah terhadap dollar harus/wajib dan critical harus menguat. So dengan hukum dagang internasional maka harga barang yang di import akan tereduce dengan sendirinya. Hitungan kasarnya adalah :

Ketiak 1 USD = 12 Ribu, harga minya perbarell 60 USD maka pemerintah harus mengeluarkan uang 720.000 rupiah. Namun beda halnya ketika 1 USD = 8 Ribu, maka pemerintah hanya mengeluarkan uang 480.000 rupiah perbarelnya. Selisih 240.000 rupiah perbarell

ARTINYA APA !!!! Dengan menguatnya rupiah maka harga minyak mentah, petralite, pertamax, pertamax plus akan turun dengan sendirinya. Ketika semuanya turun maka sangat bedosa jiak pemerintah indonesia menjual BBM dengan harga yang mahal.

PETRALITE DIBANDROL LEBIH MAHAL DARI PREMIUM
Secara konsep dagang memang terosbosan ini sangat baik karena ada peningkatan kualitas produk. Namus secara nilai kerakyatan. Harga tersebut merupakan kangker yang tersebunyi dibalikย  gundukan daging yang tidak semua orang dapat melihatnya. Namun efeknya terasa….. Semoga pemerintah lebih melihat persolaan energy BBM ini dengan bijak dan murah.

Konten Terkait :

Contact :
Primer Blog : http://www.munivmotoblog.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
Enternainmen Blog : http://www.nendangbanget.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557

Komentar»

1. muhsin - April 22, 2015

nek aku sh 50-50..setuju tetep premium asal kenaikan bertahap dalam jangka waktu yg lama era sby.bkan kaya sekarang naik turun tp harga sembako naik naik aja..pertalite oke asal 8000rb harga ga ikut kurs…py kbre lek? di bbm ra centang ki..nevilku ngebul juga..

Suka

2. Tifarpus - April 23, 2015

Imho, Perta-lite bukan petra-lite. Turunan dari perta-max.

Suka

3. Tifarpus - April 23, 2015

Pertalite masbro bukan petralite, peRTa bukan peTRa. Cmiiw

Suka

fatah - April 28, 2015

Siape lu komen dimari, yg punya warung gk bakalan baca atau balas komen lu, apalagi mengandung kritik… Untung kaga dihapus komen lu…

Suka

4. RF - April 24, 2015

Akan lebih baik jika bensin premium tetap di subsidi dan hanya di jual untuk kendaraan jenis tertentu saja seperti kendaraan umum dan niaga.
Numpang sharing aplikasi android buat merawat motor matic gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

Suka

5. PReMiXX - April 25, 2015

Yang pasti pertalite hadir utk membuka pintu spbu asing utk ikut bermain di Indonesia, selama ini premium menjadi momok yang sangat menakutkan bagi kepentingan bisnis mereka di tanah air yang telah membuat banyak spbu asing tutup. You know lah.. pemerintahan yang skrg ini gemar menjual aset negara termasuk pasar potensial dari rakyatnya sendiri kepada pihak asing..

Suka

6. RPMspeed - April 25, 2015

mending gak usah ada aja ๐Ÿ˜ฎ

โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”-
Tentang Komstir Oblak
http://rpmsuper.com/2015/04/25/ciri-ciri-komstir-oblak/

Suka

7. Mas Wiro - April 27, 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

SETIAPWAKTU

Barometer Informasi Segala Zaman

Prayedtotife

apa adanya ditulis....belajar belajar dan belajar

NENDANGBANGET.NET

Semua Berita Paling Nendang Ada Disini

PEYSBLOG

Two Wheel Sketch, Story and Analysis

YUDIBATANG.COM

Berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita Horor Original

OtoBeken

All About Automotive, Gadgets, and Traveling

BladeusMagz

Bladeus Magazine - All About Automotive - Humor - Games - and Many More....

ardiantoyugo.com

Berita Motor Terbaru

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

Aripitstop.com

otomotif news

MenyusuriJalan.Com

Otomotif, Kuliner, Wisata, Jalan-jalan

Ndesoedisi

Blogger Ndeso Berbagi Cerita

RPMSUPER.COM

Blog Otomotif Indonesia

KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

Share Drive|Ride|Pride - Bikes|Cars|Test Ride|Reviews

%d blogger menyukai ini: