jump to navigation

Terungkap Sudah Penyebab Oli Mesin New Vixion Cepat Habis ….. Februari 4, 2015

Posted by sobatrodadua in Uncategorized.
trackback

IMG-20150111-02714

nivikoko.com – Artikel ditujukan kepada rider NVL dengan kode mesin 1PA, keluhan yang sama dan hampir mayoritas pengguna new vixion adalah cepat habisnya oli mesin walapun baru dipakai jalan 1000 km an. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan sang kakak yaitu old vixion yang mana sampa saat ini keluah oli mesin berkurang hampir tidak ada. Apakah faktor penggunaan jenis oli ataukan memang faktor didalam engine NVL sendiri (blok mesin, seher dan ring piston).

Pengalaman pribadi beberapa jenis oli juga sudah pernah saya coba di mesin 1PA milik NVL. Mulai dari standard pabrikan Yamalube sport dan beralih ke BM1 PC1300 kemudian setia dengan Shell AX7, pernah nyicipin juga Motul Multi Power. Dari spesifikasi ketiganya hampir mirip hanya perbedaan ada di Motul Multi Power dengan SAE 15W – 50 so lebih kental. Yang lainya adalah 10W – 40.

img-20140405-01890

Apabila faktor oli maka ketika saya menggunakan Motul multi power sama – sama diajak riding 2000 km oli masih tersisa banyak para periode penggantian setelahnya dibanding saya menggunakan Shell, Yamalube dan BM1 dengan SAE lebih rendah. Penguapan lebih tinggi ini fiks.. Namun yang terjadi adalah SAMA….. ketika kilometer sudah menginjak 1500 dan waktunya ganti olie so this is emergency, emergency and emergency Olie hanya menyisakan 600 – 700 ml

APA ANDA JUGA MENGALAMI INI !!!!
Ketika pagi saya terbiasa memanasi engine NVL oleh karena malamnya motor nangkring maka yang keluar dari lubang kenalpot bawah adalah air .. INI wajar namun coba saya blayer dikit maka yang keluar adalah AIR bercampur cairan warna hitam. Saya dulunya mengira ini adalah kerak dari debu yang menempel pada kenalpot. Namun analisa saya ini salah, yang keluar adalah Oli.

Coba cek NVL sampean, apa terjadi sama seperti yang saya alami……

IMG_20141011_100216

SAYA MULAI MEMBUKTIKAN DENGAN MEMBANDINGKAN DENGAN OLD VIXION TETANGGA !!!!
Ada salah satu satpam perusahaan yang memiliki old vixion keluaran tahun 2009 dan jika dihitung dari sekarang umur motor ini sudah 5 tahun. Apakah dia mengalami hal serupa??? Ternyata tidak bro sis.. Dia menuturkan setiap pergantian oli baik di beres atau di bengkel biasa volume oli tidak mengalami penurunan yang cukup signifikan. Paling berkurang 50 – 100 ml itu sangat wajar kang bro… Dan apabila engine di panasin pada pagi hari yang keluar hanya percikan air tanpa dbarengi dengan percikan warna hitam yang saya duga adalah rembesan oli dari Piston.. NGERI SOB !!!!!

POIN PENTING
Problem ini terjadi karena kerapatan antara blok mesin, seher dan ring piston kode mesin 1PA kualitasnya PARAH !!!!!!

Komentar»

1. touringrider - Februari 4, 2015

Koyo nggone angga

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

nahhhh emang kloppp hehe

Suka

2. agoey - Februari 4, 2015

solusinya gimana lek..? apa sampean mau ganti jeroan atau blok silinder NVL dengan old vixion..?

Jangan pernah membersihkan rantai motor dengan minyak tanah..

https://agoey.wordpress.com/2015/02/04/akibat-membersihkan-rantai-motor-dengan-minyak-tanah/

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

ganti blok mesin, seher sama ring piston punya old vixion.. sobbb

Suka

agoey - Februari 4, 2015

tapikan blok old vixion sekarang sama dengan NVL….

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

hunting yang kode 3Cl

Suka

3. PotretBikers - Februari 4, 2015

Sopo seng ngungkap??

—————

Honda All New Vario 150 eSP, akan hadir di Surabaya bersama Raisa – http://wp.me/p5HivY-MU

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

conan

Suka

4. Rideralam - Februari 4, 2015

ganti bpkb

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

wohh duite gawe bondo rabi sek. xixixix

Suka

athleteriders - Februari 5, 2015

rabine suk2 ae, sing penting montore waras 😛

Suka

5. silent say - Februari 4, 2015

Waduh kok motor dewa ko gitu .. waahh akhirnya sang jendral harus mengakui kalo nvl itu cuma bagus didesain aja itu jg menurut fansboy … ngoahaaahaa

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

ngoahahahaha commen terbaik

Suka

6. hendylockdown the decepticons - Februari 4, 2015

45P no problemo, ganti 45P aja

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

45P apa itu?

Suka

hendylockdown the decepticons - Februari 4, 2015

Byson

Suka

7. fardhiandhiya - Februari 4, 2015

Perasaan itu bukan oli deh kang bro, itu kerak bekas pembakaran ga sih -_-

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

coba geber limit >8000 rpm kang bro. ntar keluar asap tipis itu adalah rembesan olie yang terbakar…

Suka

8. v4hn - Februari 4, 2015

bro NVL ane juga pernah begitu, klo gas digeber kenceng kluar asap tipis..
nah pas service ke beres, ane tanya ke mekaniknya.. sama dia langsung dilaporin ke kepala mekanik.
sama kepala mekanik buku service ane dicek, abis itu dia langsung nawarin ganti 1 set blok mesin.. dengan senang hati ya ane iyakan..
semua blok mesin atas diganti, mulai dari seher, ring seher, klep, blok atas, semua free dan itu cuma butuh waktu 2 hari (dalam hati cepet amat ya)

abis itu gejala kluar asapnya menghilang, n oli udh hampir ga berkurang lagi..
saran ane, mending klaim garansi aja.. versi awal NVL ring sehernya emng kurang sempurna, terbukti blok mesin NVL ane yang diganti penuh kerak, artinya itu oli bocor ke ruang bakar..

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

nah ini kommen terbaik bro.. thanks yo sharingnya.. BTW motor saya udah hampir 2 tahun apa bisa ya claim ke beres….

Suka

v4hn - Februari 4, 2015

Lah umur motor ane pas klaim udah setahun lebih.. lagian garansi mesin bukannya 5 tahun ya?

Selama track record service + ganti oli bener, pasti bisa diklaim..

Bahkan dlm kasus ane, ane blm klaim, kepala mekaniknya udh nawarin duluan

Btw, kmrn pake yamalube supersport dipake 2500km lbh olinya hampir ga berkurang..
Jadi menurut ane yg harus diganti emng ring pistonnya itu

Suka

9. lekdjie mumet-ndhase.com - Februari 4, 2015

Coba pake castrol gold seperti cs 1 daku om…

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

nah ini perlu di coba ….

Suka

10. Mase - Februari 4, 2015

Ganti motor lek

Suka

11. Datuk Toman - Februari 4, 2015

Wah BEce nih… Mkkmkmkm…

Suka

nivikoko - Februari 4, 2015

wehh motorku dewe ko di Bece to lek.. ladalahhhhh

Suka

12. speed addict - Februari 4, 2015

kok gitu om nvl?
r15 nggak ada yg kejadian kayak gitu
ternyata daleman r15 pistonnya 3c1 alias old vixion bro
dan kanvas koplingnya punya byson
cuman blok mesinnya aja pke 1pa
apa karena ini om si 1pa, si nvl olinya aus?

Suka

13. ochimkediri - Februari 4, 2015

waduh,la trus piye iki.

Suka

14. dejectermoto9191 - Februari 4, 2015

Knapa pihak yamaha nggak recall aja ya ? Biar konsumen tetap tenang

Suka

15. Bro Ndes 94 - Februari 4, 2015

Iyo kang. Setiap pagi NVL’q gtu,,,, wedi rek…

Biaya piro ya kra” gnti 3c1

Suka

16. srei - Februari 4, 2015

memang keluhan pd ovi generasi prtama adalah ketika mesin dalam keadaan panas (touring) performa drop karena efek pemuaian. mungkin kerenggangan di tambah agar hal tersebut tidak terjadi. harus ada tes touring jarak jauh dengan ovi untuk melihat kestabilan performa. Moga aja Y segera menemukan solusi lain.

salam one heart

Suka

17. ki Salim - Februari 4, 2015

kalo piston sama ringnya yang g presisi bukane oli ntar masuk ke ruang bakar dan terbakar mas bro,,, dan keluar di lubang knalpot asap putih kebiru2an?? apa ada kemungkinan oli keluar lewat klep?? kalo saya kok cenderung memperkirakan oli masuk ke lubang ex melalui gagang klep dan berkumpul di belakang klep dan terdorong keluar ketika ada tekanan dari ruang bakar. Olie keluar hitam karena tidak masuk dalam ruang bakar… hehheeehehe itu perkiraan saya…

Suka

18. Mase - Februari 5, 2015

FBY?

Suka

19. Yuyus - Februari 5, 2015

ancene ngunu kok nvl iku, ganti sak motore ae

Suka

20. Yuyus - Februari 5, 2015

trus lek wes diganti trus blok nya buat apa? gantungan kunci ta? berarti ganti oli tiap 1000 km

Suka

21. andhi_125 - Februari 5, 2015

ring-nya ya ternyata??

Suka

22. radhitz - Februari 6, 2015

teRnyata ora gur nggonku tok to…

Suka

23. Ca Kangkung - Februari 10, 2015

Ayoo cepet2 klaim garansi mumpung garansine 5 thn..

Yooo

Suka

24. RSCL lampung - Februari 15, 2015

R15 saya pun sperti itu,,, dimana oli berkurang banyak, tapi dibuku petunjuk R15 (hal 7-10) disebutkan sebelum berkendara harus periksa ketinggian oli mesin,,, itu menunjukkan bahwa mtor r15 atau NVL akan mengalami kekurangan oli setelah berkendara..brarti masalahnya bukan pada mesin melainkan karakter mesinnya memang sperti itu……. r15 saya sminggu sekali saya tambahkan oli mesin,,, smpai sekarang (stelah 6 bln pemakaian ) performanya tidak pernah menurun sm sperti wktu prtama kali saya pakai…

Suka

25. Arhiv - Maret 14, 2015

Punya saya kok g keluar olinya ya. Aman jaya

Suka

26. wong goblok - Maret 23, 2015

tuku maneh…..kok repot…..

Suka

27. SIGANTENG - Maret 7, 2016

VIXION MOVISTAR ADVANCE SAYA OKE2 AJA BOS

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

SETIAPWAKTU

Barometer Informasi Segala Zaman

Prayedtotife

apa adanya ditulis....belajar belajar dan belajar

Jagat Motor

Info Terkini dan Opini Seputar Dunia Otomotif Indonesia

NENDANGBANGET.NET

Semua Berita Paling Nendang Ada Disini

Lamik Gemini

Seputar Berita otomotif dan Analisa produk

PEYSBLOG

Two Wheel Sketch, Story and Analysis

YUDIBATANG.COM

Berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita Horor Original

OtoBeken

All About Automotive, Gadgets, and Traveling

BladeusMagz

Bladeus Magazine - All About Automotive - Humor - Games - and Many More....

ardiantoyugo.com

Berita Motor Terbaru

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP Motor Mobil Harga Pajak Modifikasi

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MenyusuriJalan.Com

Otomotif, Kuliner, Wisata, Jalan-jalan

Ndesoedisi

Blogger Ndeso Berbagi Cerita

RPMSUPER.COM

Blog Otomotif Indonesia

KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

Share Drive|Ride|Pride - Bikes|Cars|Test Ride|Reviews

%d blogger menyukai ini: