jump to navigation

Mesin Yamaha New Vixion Letoy dan Kasar Kalo Udara Sekitar Panas !!!!!! September 12, 2014

Posted by sobatrodadua in Uncategorized.
trackback

Pacet-20140809-02446.jpg

Bro sis sekalian, Riding malam itu mengasyikan disaat pencahayaan matahari digantikan lampu penerangan jalan serta hempasan angin yang lumayan kencang menjadikan adrenalin untuk menembah kecepatan semakin tak terhingga. haihhhh… Seperti halnya kemaren saat saya memutuskan untuk pergi ke surabaya pada jam 08.30 dari rumah pacet dan sampai sana jam 10.00.

Rute yang dilewati adalah lewat jalur timur menurun dari arah mojosari, kemudian di lanjut belok kanan menuju ngoro industri, kemudian oertigaan japanan serta meluncur ke arah sidoardjo dan finish ke area coffee samping jatim expo surabaya. Berkendara malam hari sangat menyenangkan, alunan musik yang sengaja didengungkan lewat aerophone.

4636364_20130914082455

Mesin motorpun terasa sehalus kulit wanita yang tidak pernah terkena sinar matahari dan sekali dua kali dalam satu jam selalu dilumuri denga lotion. bahkan pori – poripun hanya berukuran 0,3 micron, ketika dipegang serasa licin dan tidak bertekstur namun hangat.

Bahkan performa motorpun serasa lebih ringan akselerasi lebih cepat dan friksi/getaran dari mesin motor hampir tidak ada sama sekali. letupan kenalpot tercontrol seirama dengan bukaan throttle gas.. tidak ada dentuman yang bikin hati tidak srek. Perjalanan malam itu begitu nikmat dan kipas radiatorpun sama sekali tidak menyala dalam jarak kurang lebih 80 – 90 km an.

Kuncinya di udara malam yang dingin serta kandungan air dalam udara meningkat, berfungsi sebagai pendingin alami buat mesin motor, tidak masuk dalama sirip namun cukup untuk menurunkan 10 – 15 derajad suhu mesin motor dari pada mereka yang riding siang hari yang terik dan mancet ria. Seperti anda riding kondisi hujan deras, letupan mesin serasa halus dan performa terus stabil

Pacet-20140809-02442.jpg

BEDA WAKTU RIDING BEDA PULA HASILNYA !!!!! Cabut dari Universitas Surabaya (UBAYA) sekitar pukul 14.30 pada hari kamis. Udara surabaya sekitar jalan rungkut raya dan rungkut industripun serasa bak dalam oven dengan thermometer 50 derajad selcius keatas. Riding pelan maksimum 60 km/jam dan kena macet di jalan A. Yani. Performa mesinpun serasa sangat berbeda dan drop banget. Tarikan semakin berat akselerasi melamban dan untuk mencapai speed 90 km/jam gigi 4 mesin udah mau teriak.

Kenaikan suhu sekitar mesin yang cukup ekstrim sanagat berpengaruh terhadap performa motor (semakin panas power semakin srop) !!!!! AHHH seharusnya kan tidak. karena enginer Yamana sudah memikirkan itu jauh sebelum mesin motor dilepas ke pasar.

antarafoto-Puncak-Mudik-Cikampek-170812-bean-4

Kembali kepada rute yang sama seperti pada paragraf kedua diatas hanya dibaca dari surabaya menuju kepacet. memang kala itu udara sangat panas, sesekali admin harus berhenti dan minum karena dehidrasi. Gesekan piston dengan rumahnya serasa sampai ketelinga yang dibalut oleh helm NHK full face tanpa mendengarkan musik, serasa KASAR dan TIDAK KLIK seperti malamnya. jujur saya tidak dapat feel berkendara saat itu.Jadi perjalanan selama 1,5 jam saat pulang dari surabaya dalam hati ingin segera sampai rumah dan tidur. Tidak ingin berlama – lama di atas jok motor. beda dengan malam harinya, seakan 3 jam pun pacet – serabaya SIKAT mas bro :mrgreen:

Tidak seperti malamnya yang sudah seperti malam pertama menikmati seluruh badan sang istri, yang mana dibalut dengan dinginya AC dalam kamar serta selimut yang berserakan dilantai, sesekali berkeringat dan terjilat asin.

dddd

Apakah karakter mesin NVL sepeti itu !!!! performa dan karakter mesinya akan turun bersamaan dengan meningkatnya suhu disekitar mesin. Artinya setap peningkatan suhu tertentu (eks faktor lingkungan) maka letupan power dan getaran mesin akan berubah menjadi tidak reliable lagi. indicator over heat tdak nyaa !!!!

Memang selama lebih dari setahun saya mengendarai NVL ini bisa dibilang benar ketika motor sudah menempuh jarak panjang dan dalam kondisi yang ekstrim (udara panas dan macet) kondisinya memang berbeda dengan ridding malam hari. IYA MALAM !!!!

Last, mungkin mas bro sekalian punya urun rembug dengan saya bisa lewat kolom komentar atau PM lewat akun email saya. Apakah hal ini juga terjadi di motor NVL/old Vixion milik mas bro sekalian? atau hanya terjadi pada motor saya. Oh iya kondisi motor saya saat itu pakai olie shell advance AX7, BBM perbandinga premium dan pertamax 2 : 3, busi platinum dan skok depan turun 6 CM dan odometer menunjukan 11.500 km.

Honda_Verza_150_13
image from http://www.dapurpacu.com

Komentar»

1. orong-orong - September 12, 2014

makanya pakai kebo
nitip sob, sekedar buat baca-baca. biar gak panik
http://orongorong.com/2014/09/12/bebek-dimasukan-sport-vs-sohc-dipaksa-jadi-sport/

Suka

nivikoko - September 12, 2014

waduhh…. malah ganti kebo….

Suka

2. kudo78dk - September 12, 2014
nivikoko - September 12, 2014

ngoahahaah di masukin ari aja ahhh πŸ˜€

Suka

3. paranin - September 12, 2014

Pake gas freon biar dingin om.. πŸ˜€

Suka

4. wildan (@5wildan5) - September 12, 2014

kalo menurut saya,coba oli gunakan oli diesel. kalo gak mau ganti oli diesel (tetep bertahan pakai oli lama), maka ganti air radiator dengan merk pertamina coolant extreme cool. kalo gak nemu, minimal ganti pake prestone. sebaiknya sih hindari pake coolant pabrikan motor. imho

Suka

nivikoko - September 12, 2014

opsi yang kedua masuk bro.. air radiator coolant extreme. kalo olie untuk diesel IMHO belom dulu .

Suka

5. macantua - September 12, 2014

Kerapatan udara saat kondisi dingin bikin asupan bensin jadi joss…. Makanya kalau riding malam pasti lbh enak….
http://macantua.com/2014/09/12/lokal-vs-import/

Suka

nivikoko - September 12, 2014

kalo siang berarti kebalikanya yo lek… hehehehe jadi nggak josss.

Suka

macantua - September 12, 2014

Makanya saya sering pulang ke bdg malam hari… Siang hari jalan jauh itu neraka buat rider… Udah pernah ane bahas dsalah satu artikel kok..
http://macantua.com/2014/09/12/lokal-vs-import/

Suka

nivikoko - September 12, 2014

waduh… jadi rider tu surganya kalo riding malam hari ya lek. ngoahahah πŸ˜€

Suka

macantua - September 12, 2014

Jujur buat saya “IYA”.

Suka

nivikoko - September 12, 2014

ngoahahaha wisata malam jujur IYA buat saya juga,

Suka

macantua - September 12, 2014

Klo wisata malam yg “negatif” ga ah…

Suka

6. arvian80 - September 12, 2014

olinya yg bikin cepat panas, sama seperti MX ane dulu waktu pake Ax7 tarikan memang enteng tapi kipas jadi sering nyala akhirnya balik ke oli pabrikan aja

Suka

nivikoko - September 12, 2014

owh begitu ya mas bro… mantep deh nice info….

Suka

7. arvian80 - September 12, 2014

saran aja kalo mau jalan jauh siang hari angan pake oli shell

Suka

nivikoko - September 12, 2014

ini ane pakai shell gann.. udah hampir setahun

Suka

nivikoko - September 12, 2014

angan = jangan… okay mas bro… gagal faham

Suka

8. vixioner007 - September 12, 2014

memang begitu om karakter mesin vixie.. ni motor kalau buat riding jarak jauh tenaganya sering ngempos om, minta istirahat kali yak.. memang nih motor di ciptain bukan buat touring om, ni motor di ciptain memang buat city sport alias buat stop and go, dan memang perbedaan karakter antara honda dan yamaha memang ini om.. motor honda kalau udh panas mesinnya enak bener, halus, akselerasinya pun nikmat banget.. ane ada tuh nmp karbu di rumah.. kalau pagi2 mau di pakai rasanya nih motor kyk mau kehabisan bensin om.. tp kalau udh di pakai jauh, beeehhh mantap banget dah,… dan yamaha kebalikan dgn honda, si old vixie ane kalau pagi2 mau di pakai enak banget akselnya.. tp ya itu kalau udh panas, akselnya lelet banget om.. intinya motor honda itu baru keluar tenaganya kalau mesinnya udh panas, kalau yamaha pd saat mesinnya dingin..
makanya om yamaha nggk pernah berani ngadain touring2 jauh kyk honda, karna ya itu takut kalau ketahuan ngempos kali..

Suka

wongserut - September 12, 2014

bener bangett, pernah punya megis0n ane dulu
performa makin joss kalo udah panas πŸ˜‰

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Wah begitu ya gan.. Nice inpoh neh bro… Memang kalo siang terasa ngedrop banget. Pukirku pakai shell buat jarak menengah kan oay tuh… Kalo honda makin panas makin enak bro.. Pernah coba pakai vario nyak.. Mayannn

Suka

Syafrinaldi PutraNst (@SyafrinaldiP) - September 13, 2014

Kalo gejala pagi2 kayak mau kehabisan bensin sih itu biasa di motor karbu mas. Coba kalo mau lebih real bandingin nmp karbu dengan nmp fi di pagi hari

Suka

andhi2010 - September 23, 2014

Itu hanya mindset saja.
BBM sesuaikan spesifikasi mesin.
NVL pake premium ya lemot, walaupun campuran, tetap tidak sebaik murni.

Pengalaman teman saya touring jarak jauh pake old vixion standar, beda rasa ketika pakai premium, petamax, dan campuran.

Suka

Niko352 - Juni 21, 2015

Perbedaannya itu mungkin di yamaha masih SOHC nah untuk yang ini mungkin menang yang diawalnya pertengahan pas udah panas mulai gempor tuh sohc nya, minta istirahat kali sebagian lagi motor dari merk lain yang sdh masuk DOHC mungkin tarikan awal mereka agak mbrebet tapi pas udah ditengah dan akhir(kayak alfa omega aja) behhhh coba bandingin aja

Suka

9. potretbikers - September 12, 2014
nivikoko - September 12, 2014

Ngoahahg kasih nitrogen cair aja lek. Air radiatorw.

Suka

10. wongserut - September 12, 2014

wahduh ngeri ah, lambaikan kaki kalo sampe kena macet motor ane πŸ˜€

http://wongserut.wordpress.com/2014/09/12/guyonese-sabet-manuke/

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Waduh begitu lek….. Kenapa ko sampai kambaikan kaki. Hehehehe

Suka

wongserut - September 12, 2014

Gampang operheat

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Waduj ngeri lek.

Suka

wongserut - September 12, 2014

Untungnya umah e pinggiran πŸ˜€

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Bebaa mancet yo lik.

Suka

11. java36 - September 12, 2014

pengalaman make 3CI 5taun sih gk gtu2 amat sering dipake bandung-tegal, bandung-bogor, bandung-tangerang. kalo siang emg kerasa kurang nendang gak kaya malem. ane make motul ester 5100 pertamax plus. jgn lupa cuci motor sebelum riding jauh itu juga pengaruh loh

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Waduh kudu cuci sebelum riding jauh a lek. Hehehehe. Motul agak kental ya bro olienya…

Suka

java36 - September 12, 2014

Ane awal2 punya ovi nyoba yamalube (2009) sama castrol. Kurang nyaman aja kaya cepet ngedrop. Pas ganti motul enak kok mas. Jgn liat harga lah mas masa nabung 100rb sebulan gk mampu hehe tggal minta ke pak direktur πŸ˜€ coba aja mas bedain motor yg udah dicuci sama yg belum enak mana hehe selamat mencoba. Oh iyah ini pengalaman di 3CI loh bukan 1PA wkwk

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Gahahahaga kalo 100 mahh cincay lek… Cuman emang untuk ngelirik motuk belom ada fikijan kesana. Oh iya spek kekentalanya 15 – 30 atau berapa lek. Coba deh besom aku tak coba pas ganti kedua. Tapi tadi ada beria produk baru yamalube supersport lek. Moga besok udah ada di dealer. Iya ini 1pa

Suka

java36 - September 12, 2014

Udah lupa kekentalannya. Motornya dah dijual taun kemaren mas. Kalo gak salah motul 5100 beda kekentalannya mas sama yg dianjurin yamaha sama honda (cbr150r cbu) tapi testimoninya bagus2. Iyah lumayan katanya 70rb yah mas yamalube yg baru hehe

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Iya motul ester iku lek. Lebih kental dan full sintetys… YupZz bener lel

Suka

12. jildhuz (@jeje_jildhuz) - September 12, 2014

Saran aja bro
1. Coolant ganti punya pertamina (50 rebuan) ganti tiap 10rb-15 rebu km sekali
2. Pake oli yg lebih encer. Tapi jngn terlalu encer, sukur sukur full sintetis (oli encer membantu melepas panas, tapi jngn terlalu encer)
3. Pake oli yg sertifikasi jaso ma2, prever sih pertamina enduro 4t sport/ 4t racing ( motor ente motor jepanh. Pake oli yg spesifikasi jaso ma 2″ punya jepang, jadi kopling lebih ngigit)
4. Bbm pertamax plus full (150cc inih, irit kok, asal gak ngalay) (12 rebum kalo vixsen di bawa ga ngalay bisa tembus 1:30-45an lah)
5. Coba pake oli coller punya satria, modiv dikit, tapi mayan ndinginin oli (sekitar 509 rebu. N mbah volume oli 300-500 cc kayanya
6. Tolonh jangan taroh plat di bawah headlamp, nutupin aliran angin, mending pake stiker di jidat, + taruh plat di bawah radiator malah gpp

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Wahhh muantep banget bro saranya…. Bisa di coba neh mas bro.. Izin sedot ilmune….

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Nah yang nomer 6 neh keknya gimaa gt lek… Secara kalo di jidat agak wagu. Hehe

Suka

13. dejectermoto9191 - September 12, 2014

ni sharing aja ya, ane pake tiger klo pgi2 cuaca dngin motor jdi susah nyala, getaran mesin kerasa, tenaga mbrebet loyo kyk mau abis bensin, suara karbu jdi bising, pkonya ni motor gaenak klo cuaca keadaan dingin…

Suka

jildhuz (@jeje_jildhuz) - September 12, 2014

Ga tepat tuh om antara suplay angin dan bensin, kebanyan angin, settingnya terlalu kering

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Loh ko bisa gt lek???? Itu kpndisi macan normal karbulator dan asupan bensinya

Suka

14. RPMspeed - September 12, 2014

jangan panas kang πŸ˜€

===========================
Pasang Speaker Sura Moge Yuk
http://rpmsuper.com/2014/09/12/pasang-speaker-moge-di-motor/

Suka

nivikoko - September 12, 2014

Ngoahaa ambigu neh artinya

Suka

15. Nyampah di Blog - September 13, 2014

power drop saat panas atau touring jauh tidak berlaku buat mx padahal mesinnya sama analisanya karena mesin mx lebih boros drpd vixion padahal mx 135cc vixion 150cc seperti riding malam hari udara lembab bikin mesin tetep adem padahal vixion seting bbm irit beda siang hari karena pada dasarnya seting basah bisa bikin lebih adem mesin dan cocok buat touring jauh analisanya vixion terlalu irit buat mesin 150cc maka cepet panas dan letoy buat touring jauh

Suka

nivikoko - September 14, 2014

Nahhh ini pengalaman pembanding yang samgat bagus bro… Mungkin bener lek.. Asupan bensin twrlalu irit jadikan pembakaran bisa drop saat dipakai lama atau kondisi panas

Suka

16. warungasep - September 13, 2014

Panas bro…
Letoy bro..
Sama dong bro…
Hehehehe… πŸ˜€

absen malam lek… πŸ˜€

Suka

nivikoko - September 14, 2014

Ayan a mang asep.ngoahahaa

Suka

17. sijidewe - September 14, 2014

jaman dulu ada mitos mesin yamaha kalau udah panas lemes πŸ˜€

http://sijidewe.com/2014/09/14/awas-bro-modifikasi-ini-sudah-jadi-target-operasi-waspadalah/

Suka

nivikoko - September 14, 2014

Waduh mitos kayak apa ae brooop

Suka

18. andhi2010 - September 23, 2014

ketika bagian turun hati2, lihat radiator tertutup ga.
Motor sudah didesain sedeikian rupa, untuk mengalirkan udara.

Suka

nivikoko - September 23, 2014

standatd semua lek

Suka

andhi2010 - September 23, 2014

woh standar ya.

Suka

nivikoko - September 23, 2014

yoii lek paling cuman busi pakai platinum itu aja sehh

Suka

19. andhi2010 - September 23, 2014

maksudnya bagian depan.
Jika aliran udara tertutup, ya pasti panas

Suka

nivikoko - September 23, 2014

yupzzzz plat nomot turun kebawah skok turun 4 cm an.. itu aja bro..

Suka

andhi2010 - September 23, 2014

ya itu bro, lihat dari depan,
Radiator masih banyak kena angin ga.
Maklum dulu ada yg over heat karena aliran udara ke radiator ketutup.

Suka

nivikoko - September 23, 2014

gak pernah over heat bro… kelistrikan sama suhu mesin normal.. hanya suara naik turunya silinder aja serasa kasar banget… Kalo over heat ada indicatornya ya..

Suka

20. andhi2010 - September 23, 2014

Oya lupa saya. hehehe.
sepertinya masalah oli.

Suka

21. KarsTV : Drag Race CB150R VS NVL Imbang, Dengan Catatan… | motorgoodness - Oktober 10, 2014

[…] enak banget, mesin sangat responsif. Tetapi ketika panas berlebihan, power mesin mulai drop seperti review dari bro Nivikoko […]

Suka

22. ariefsujatmiko - Oktober 11, 2014

kayaknya cuma masalah di olinya mas, kalo make oli yg encer dengan kekentalan 10w30 atau 10w40 biasanya memang gitu kalo utk perjalanan jauh dan yg lebih bahaya penguapan oli tinggi, coba kalo make spek oli yg lebih kental misal motul 5100 15w50 pasti mesin halus dan performa mesin tetap terjaga, atau coba yg katanya bagus itu castrol power 1 racing …

kalau sering perjalanan jauh ada baiknya pasang charger motor dan hanphone holder biar ada petunjuk rutenya.. http://masbrobiker.wordpress.com/2014/10/08/memasang-gps-atau-handphone-dan-charger-pada-motor/

Suka

23. jony - Januari 14, 2015

pake air radiator yang titik didihnya lbih tingi kang byar saat udara panas air radiatornya gk cpt panas n kipas gk cpt nyala..

Suka

24. rahmat - April 8, 2015

Iya,, and juga suka night riding nihh.
Tpi beneran beda dehh night riding sama riding di siang hari.
Kalo siang mahh mesin cepet panas, performa si nvl turun bgt.
Kalo malam bisa menjiwai riding.nya, bisa berasa enak bgt, mulai akselerasi, manuver beneran enak bgt :v

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

SETIAPWAKTU

Barometer Informasi Segala Zaman

Prayedtotife

apa adanya ditulis....belajar belajar dan belajar

NENDANGBANGET.NET

Semua Berita Paling Nendang Ada Disini

PEYSBLOG

Two Wheel Sketch, Story and Analysis

YUDIBATANG.COM

Berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita Horor Original

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

BladeusMagz

Bladeus Magazine - All About Automotive - Humor - Games - and Many More....

Ardiantoyugo

Berita Motor Terbaru

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

Aripitstop.com

otomotif news

MenyusuriJalan.Com

Otomotif, Kuliner, Wisata, Jalan-jalan

Ndesoedisi

Blogger Ndeso Berbagi Cerita

RPMSUPER.COM

Blog Otomotif Indonesia

KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

Share Drive|Ride|Pride - Bikes|Cars|Test Ride|Reviews

%d blogger menyukai ini: