Full Review En Pe El Menginjak Umur Setahun, Cekidot Brot !!!!!! Juni 16, 2014
Posted by sobatrodadua in Uncategorized.trackback
Okeee mas bro genap sudah en pe el berumur setahun lamanya setelah didatangkan pada bulan Juni tahun lalu. nah sekarang tinggal melakukan review bagaimana kondisinya setelah berumur setahun dengan km menginjak 10.000. beberapa ubahan yang bersifat minor sempet saya tulis dan share di artikel lawas monggo di ubek – ibek dengan key word NVL…. lebih dari 10 – 15 artikel pokoke… hehehe . Oke mari kita lakukan review dan dibandingkan dengan kondisi pas baru masuk ke garasi….
- Kualitas painting : not debatable bahwa yamaha paling jago meracik pigmen cat yang ujungny adalah life time warna motor akan terlihat tidak mudah mbulak (luntur) hehehe . Pertama adalah bagian tangki, dari sisni en pe el masih belum ada goresan sama sekali dan kualitas catnya masih bagus. Kemudian lanjut ke area shoroud disini juga masih terlihat seperti baru namun menginjak ke buritan belakang. yapss area cat di bagian atas stop lamp (ujung) udah keluhatan warna asli plastiknya. Disinyalir bagian ini adalah bagian yang p aling trentan terkena gesekan karena minus behel… lanjut ke area batok lampu dan kualitas kaca… masih juga bagus dan tidak adanya perubahan warna menjadi mangkak atau kekuning – kuningan (note : En Pe El punya admin ini udah di modifikasi system penerangan, udah gak AHO lagi) hal ini mungkin sangat berpengaruh terhadap kualitas kaca lampu depan.. over all… kualitas painting masih joss lahhh
- Kualitas suspensi : dengan adanya perubahan area kemudi dengan mencangkokan stang jepit maka hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkemudi. Pertama adalah suspensi depan menjadi lebih keras karena harus ditambahkan oli masing – masing tabung 40 ml an…. hembb sama sudut kemiringan suspensi belakang with link menjadi radak ngayun… yaa…. beda sekali kenyamanya sekarang. Lebih terasa keras baik buat sendirian maupun boncengan. (note : mungkin kalo stang dikembalikan standard dan oli skok depan dikurang 40 ml an.. akan normal lagi yah ) 👿 .
- Kosumsi BBM : dengan penggunaan bensin dengan RON 88 en pe el dapat menempuh jarak sepanjang 37 km dengan metode pengetesan full to full.. untuk sekarang udah setahun kemaren sempet test dengan metode yang sama dan gaya riding yang sama sesekali betoto sampai gas mentok… hanya dapet 35,7 km/liter.. yaps menurun sekitar 1,3 km/liter.. not bad lahhh !!!!!!!
- Sistem Kelistrikan : Yaps dengan menggunakan sistem AC/DC sehingga lampu NVL akan nyala bebarengan dengan mesin dinyalakan juga. so untuk pemakaian wajar dalam setahun ini acu masih sehat, double stater nyaman, suplay listrik ke lampu dan klakson mantap.. over all tidak ada perbandingan antara baru dengan sekarang… 😀
- Kualitas pengeraman : Selama pemakaian setahun dengan rute dan medan yang hampir sama yaitu pacet, mojokerto, jombang, lamongan dan bojonegoro. Pengereman depan masih tergolong sangat pakem bahkan lebih pakem dari punya jomblis (ipan juragan pertamax7). Rem belakang gimana om?????? jangan berharap terlalu banyak dari rem belakang en pe el walaupun udah cakrap namun sejak dari dealer saya ngerasa dia difungsikan sebagai penyeimbang saja.. bukan tumpuan pengereman.. wal hasil untuk pemakaian keseharian saya jarang sekali menggunakan rem belakang.. kebanyakan rem depan… baru kalo pas posisi diatas 90 – 110 km/jam rem belakang digunakan untuk mengimbangi rem depan
- Kualitas engine : dengan type mesin 4 langkah SOHC 4 valve selama ini masih tergolong bandel dan minim perawatan… namun memang suara yang dihasilkan blok cylinder berbeda dibandingkan pas masih baru. Pas waktu baru dulu rasanya ualus tenan euy namun sekarng agak kasar.. mungkin faktor olie dan gesekan pistun ya :D. suara yang dihasilkan dari muffler jujur saya lebih suka sekarang daripada yang dulu.. lebih renyah dan kering ditelinga… Untuk pemanasan pas pagi hari pada lubang kenalpot bawah selalu ada perv=cikan air yang keluar.. disinyallir hal ini merupakan salah satu indikator mesin masih dalam keadaan presisis atau rapet… ( note : saya disini menggunakan olie yang berbeda – beda dalam jangka waktu setahun, hasilnya akan berbeda jika njenengan hanya menggunakan olie bawaan pabrik atau oli yang lebih mahal dari yang admin pakai)
- Top Speed dan akselerasi : pada pengetesan beberapa hari yang lalu melintas dari arah jombang menuju mojoagung jalanan longgar dan medan dikuasai. NVL tembus angka 127 km/jam… sooo sama dengan pas pengetesan awal… namun akselerasi makin letoy diumpamakan bahwa dulu untuk mendapatkan top speed 127 hanya membutuhkan waktu 15 menit dan jarak lintasa 1 km an…. namun sekarang bisa 17 menit dalam jarak 1,2 km…. soo.. top speed tetap namun akselerasi menurun.
- Kualitas Ban dan Rantai : En pe el di jejali dengan ban depan dengan ukuran 90/80 dan ban belakang 120/70 tubeles dengan merek dunlop. compound lebih keras dibandingkan IRC dan pola gesture berbeda.. hasilnya… ban bagus untuk kondisi aspal kerng namun sangat licin pada saat aspal basah… untuk pemakaian setahun ban belum diganti dan masih kelihatan baru. hehehe. dismaping ban ada rantai dan gear.. nah disini kendala muncul, rantai NVL mudah sekali kendur dan mudah kedengaran kemerosak.. ini benar adanya…. 😀 anda akan merasa nyaman ketika selepas dari bengkel resmi sampai km 500 – 750, setelah itu telinga anda akan dipaksa mendengarkan bunyi yang bising… yaaa dari rantai dan gear.
- Pergantian spare part : pertama adalah penggantian busi dari yang standard ke NGK G – Power platinum UDAH ITU AJA !!!! lainya masih original…… 😀
Last…. over all untuk setahun ini sangat puas bahkan diluar ekspektasi motor batangan 150 cc dengan value 23 jutaan jarang sekali rewel. Yang jarang sekali rewel adalah lebih kepada ketenangan hati dan jiwa pas waktu duduk diatas jok dan memelintir gasn… tidak ada was was dan keraguan.. jebule sinchan udah setahun enh yaa….. 😀 😀 …..
review in aye dunk om
Complete review…. mantab… #so sido ganti R15 ndak ini 😀
SukaSuka
ndak kang…… suka motornya, dananya ada, namun hari kurang klop.. ibarat cewek cantik dan seksi namun mau nembak radak mundur… hehehehehe
SukaSuka
wehh..bikin kaget bonusnya..wkwkwk..
😛
SukaSuka
semoga nggak jantungan sist… 😀
SukaSuka
Ah.. biasa aja 😆
honda k45 rilis bulan agustus?
http://ferboes.com/2014/06/16/honda-k45-rilis-bulan-agustus/
SukaSuka
diap mulai laparrrr 😀
SukaSuka
Josss 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/06/16/hasil-debat-capres-2014-tahap-ke-2/
SukaSuka
comment terbaik hari ini.. hehehe
SukaSuka
bajigurrrrrr….
http://satuaspal.com/2014/06/16/marques-punya-jiwa-entertainer-seperti-halnya-rossi/
SukaSuka
Opo iku kang..
SukaSuka
Ngisor dewe… :p
SukaSuka
kampretlimo
SukaSuka
Opo mbah kuwi ???
SukaSuka
en pel le kembungkuk en bagi KHS 😀
http://setia1heri.com/2014/06/16/honda-celebrate-100-wins-in-motogp-class/
SukaSuka
Kang KHS nek boyoke kumat kan kari dipeji bojone kang. Hehehe
SukaSuka
Leher knalpot kok ga dibahas ?
SukaSuka
leher kenalpot nggak menguning kang broo… karena aku nggak pakai half fairing jadi bisa dibersihkan pas nyuci steam atau lagi nganggur. hehehehe
SukaSuka
Trip setahun si en pi el hampir separo black shadow ku 🙄
——————————————-
Tentang Gas Spontan
http://rpmsuper.com/2014/06/17/kelebihan-dan-kekurangan-gas-spontan/
SukaSuka
maksude kang !!!!!!!!!!!!!!!!!!! 6 bulan udah 10.000 km gitu kah. hehehe
SukaSuka
aku 4 tahun baru 25rb km .mas munif baru setahun sudah 10rb km 😀
http://rpmsuper.com/2014/06/17/kelebihan-dan-kekurangan-gas-spontan/
SukaSuka
ngoeheheheeh.. benul gan… wahhh sering nongrong dirumah kang bro motore….. heheh
SukaSuka
dipakai tiap hari tapi deket-deket saja 😀
SukaSuka
Wahhhh bagus donk bro awet
SukaSuka
waduh kayaknya keberatan tuh
SukaSuka
apanya kang bro????????????????
SukaSuka
itu loh, etok2 ra ngerti
SukaSuka
hasihh… gek ndi sehh !!!!!!!!!!!!
SukaSuka
ah sudahlah, nanti membangunkan yang tidur #eh
SukaSuka
#ehhh parah ne orang…. omess…. 😀
SukaSuka
hasyuuuuuuk jangan kenceng2, kabuuuuuuuuuuuuur
SukaSuka
teko mesti ngerusuhi.. wassembbbb 👿
SukaSuka
wwaahh bonusnya ajiibbb hehe
http://motowheels.wordpress.com/2014/06/16/penampakan-yamaha-new-vixion-lightning-livery-motogp-2014-keren-mana-sama-livery-gp-2013/
SukaSuka
salah fokus gan 😀
SukaSuka
saran ane sih jangan suka ganti2 oli gan..
SukaSuka
ini udah pake shell tok gan.. hehehe
SukaSuka
piksen yang sudah berumur punya suara khas apalagi saat langsam / stationer
SukaSuka
khas gimana gan !!!!! ceduk ceduk gitu ya.. tapi emang bener kang aziz udah beda suara di bagian cylindernya …..
SukaSuka
piksen yg sudah dipake lama punya suara khas terutama saat langsam
SukaSuka
dok dok dok dok… itu kah !!!!!
SukaSuka
bonus nya gede
http://ridertasik.wordpress.com/2014/06/17/konsep-modifikasi-old-vixion-v-engine/
SukaSuka
ehh salah fokus neh orang ngoahahahah
SukaSuka
Manager kok masih doyan RON 88 👿 …. kabur ah
http://ndesoedisi.wordpress.com/2014/06/17/memori-produk-pt-texmaco-part-6-mpv-carnesia-car-of-indonesia/
SukaSuka
kan sesuai konsep effisiensi kang bro…. mulai jadi tionghoa sejati ki. ngoahahahahaah
SukaSuka
wow asyek kuwi, bakalan cepet sugih
SukaSuka
hoahahahaha……. gak pernah pakai pertamax.. soale udah kena NPWP.. wassembbb 👿
SukaSuka
wah ntar tak laporin capres biar ditindak
SukaSuka
lohh ngak ada kewajiban beli pertamax kang bro… wong motore yo mainstream buwanget. hehehe
SukaSuka
emang ga ada ngoahahahahaaaaaa
SukaSuka
lehhh leh leh 😀
SukaSuka
en pe el e kok montok eram iki..
#ngucek moto,tangi turu 😀
SukaSuka
gehhhhh salah fokus njenengan kang bro :mrgeen:
SukaSuka
sehat ya…seger gitu
SukaSuka
iya om.. sehat.. #eh seger !!!!! yang mana yaaa…
SukaSuka
ditambahi fairing lampunya r15 apik kyane om
http://mumet-ndhase.com/2014/06/17/teori-mumet-ndhase-laki-bisa-berhenti-merokok-itu-hebat-mantab-keren-top-abis/
SukaSuka
Masih lom tergiur fairing rombeng 15 kang bro… naked aja dehh.. Heheheh
SukaSuka
kalau mesin jgn ditanya…. soal rante gampang kendor karena dipaksa narik pelek dan ban yg lbh gede dibanding old V… cmiiw
http://78deka.wordpress.com/2014/06/17/rossi-lorenzo-test-m1-2015-seri-assen-pakai-akrapovic/
SukaSuka
Nah rantenya bro mudah kendur
SukaSuka
Boros kilometer berarti aq…
2 tahun CS1 = 33.000 km
Hampir 3 tahun Supra X 125 = 45.000 km
Vario CBS paling sedikit…jarang jarak jauh
—–
http://nyobamoto.com/2014/06/18/share-segmen-sport-yamaha-honda-tinggal-selisih-25-000-red-alert-yimm/
SukaSuka
gak poopo mbah seng penteng hondane sehat…… plastike awet ambek gak klothok klothok.. ngoahahaha kabooorrrr 😀
SukaSuka
[…] ada acara kantor di sekitaran Pacet, Mojokerto KHS membuat janjian dengan kang munif pemilik blog http://www.nivikoko.com untuk sekedar ngopi-ngopi. Setelah acara kantor selesai sekitar jam 12.00 kami pun bersua di warung […]
SukaSuka
https://lightsin.wordpress.com/2014/06/18/touring-ke-diengdingin-abis-brrr/
Pertamax juragan.haha. .repiu nyusul
SukaSuka
lebih 40 kang
SukaSuka
saya mau review satria fu facelift gan setelah 9 bulan
1 kualitas cat terlihat menurun dibanding satria sebelumnya, cat di spakbor terlihat lebih kinclong dan tebal ga gampang gores, tapi cat di body ga bagus dan ga sekinclong spakbornya -_- , bahkan pernisnya gampang luntur cma karna kena gesekan sama kresek isi apel , kualitas cat di rangka juga memprihatinkan catnya ga rapih dan ga rataa jadi rangka gampang terserang karat,
2.masalah cakram belakang bunyi , dah dari satria taun jebot ga ilang ilang kayaknya
3.kualitas daleman mesin kok ya ga ditingkatin, masak baru 3 bulan tensioner keteng dah kendor(pemakaian santai jarang betot)? dah dikencengin seminggu kemudian kendor lagi dan mesti ganti sekitar 175 ribu ini part slow moving loh dan ga cma satria saya aja temen saya juga gitu yang belinya blan januari masalahnya sama,
saran aja deh untuki suzuki indo *moga dibaca pimpinan sujuki
kualitas satria ditingkatin dong jangan cma ganti bodi dikecilin TANGKI DIKECILIN!
jujur aja ya sih saya kecewa banget sama satria, tau gitu tadi mah saya pilih njmemx deh 😦
eh btw mas knalpotnya blum karatan euy 😀 tau ga mas cara bersihin kerak lumpur di kisi kisi blok mesin?
SukaSuka
ini yang buatan local emang keluhan banyak di kualits cat kang broo….. kalo mesin mungkin terkait kualitas pendinginan kang… kan masih pakai oil cooler… coba radiator… mungkin lebih aman… oh iya kalo perawatan leher kenalpot… yang penting nggak ketutup aja gan.. jadi alo pas kena ujan atau lumpur bisa cepat dibersihkan.. sama kasih kit aja…. hehehehe
SukaSuka