jump to navigation

Pojok Analysis : Market Share Skutik Honda Mengkudeta Generasi Yamaha Mio dan GT Series Januari 20, 2014

Posted by sobatrodadua in Uncategorized.
trackback

Gambar

Pagi bro sis sekalian, Nggak afdhol dan kurang all out jika ane disini hanya melakukan terawangan bak air dalam jamban untuk analysis market share pabrikan honda dan yamaha hanya pada kategori sport entry level 150 cc klik disini. Pasar skutik nan gurih dan renyah menjadikan ane tergiyur untuk melakukan terawangan (opini pribadi) ko bisa ya skutik honda mengkudeta generasi mio series dan kawan kawan. Apa sajakah faktor yang mempengaruhi ko bisa market gurih yamaha dikudeta dan terjangkit kontroversi hati sama honda?

okelah… tahun 2013 sudah berlalu maka tak asik kalo kita tidak melakukan perbandingan yang cukup fair terkait market share skutik dua pabrikan ini. Tercatat estimasi diangka 136.205 unit/bulan untuk skutik dengan pabrikan sayap mengepak disusul dengan kompetitornya dengan estimasi 120.995 unit/bulan untuk pasar skutik pabrikan garputala. Selisih range yang cukup signifikan yaitu 15.995 unit/bulan (dikutip dari motor otomotif net) bukan hal yang menyenangkan buat Yamaha. Emang kalo kita lagi on the way lebih sering dijumpai skutik dengan logo sayap dar pada logo garputala. dengan asumsi yang sederhana “nek motor iku laris, akeh seng seliweran nok dalan gede, tapi nak gak payu yo njenengan ketemu siji ae wes untung” . Dalam bahasa indonesia kalo motor iku laku, maka banyak yang berseliweran di jalan raya, tapi kalo nggak laku ketemu satu saja kamu sudah untung. nyengir plus tepok jidat, dari kalimat ini apakah skutik yamaha nggak laku… nggak juga bro sis… banyak juga berseliweran di jalan, hanya saja prosentase kita ketemu skutik yamaha lebih kecil daripada skutik honda.. ra percoyo…………. saiki ndang metu tekan omah beat ama vario series wes koyo motor sejuta umat.. (jargon buat avanza dan xenia ding πŸ˜€ πŸ˜€ ). Dari sini sepakat kalo pasar skutik honda disini lebih yahud daripada yamaha.

Gambar
Soul GT Series
Gambar
Vario one two five series

Oke, lanjut kenapa ko skutik honda lebih juwoss dari yamaha :

  1. Segi Desain :
    Desain honda pada produk beat series dan vario kalemnya itu lo pas banget. artinya apa,ingat filosofi pasar skutik bukan diperuntukan untuk mereka yang suka dengan bau runcing dan sport tulen. karean mayoritas buyer yang memilih skutik adalah keluarga muda yang baru memiliki satu anak dengan kisaran usia 25 – 35 tahun. Dari sini main amanya honda beebuah manis, dengan refreshment gen PCX ke vario dan redesain ulang beat injeksi dengan body lebih besar dari gen karbu namun elegan, tak hayal ini penjadi poin yang cukup digemari konsumen memilih desain skutik honda daripada yamaha. Untuk skutik yamaha desain yang disajikan generasi mio series dan GT series memang aura sport teraa disana, ya kalo bidikanya konsumen muda yang belom punya keluarga. Ini matic bro?? segmenya beda dengan sport. Tapi apakah nggak bisa ta om desain sport dicangkokan di metik???? ya bisa bos, cuman porsi sport nya jangan 60% tapi kasih sentuhan 30% aja, lainya adalah desain aman dan sedep dipandang. Disini Honda lebih juwosss meracik kalemnya daripada Yamaha.
  2. Durability Mesin :
    Yupz bener sekali salah satu faktor kita melakukan peminangan sang kuda besi dalam segmen matik ini adalah kekuatan mesin (daurability mesin). Ingat mesin metic ini hanya di desain untuk jarak dekat dan menengah bro, paribasan bus itu antar kota dalam provinsi bukan antar kota antar provinsi (buahahahah πŸ˜€ πŸ˜€ ). jadi skutik nggak boleh buat jarak jauh dan touring loh om????? sah-sah saja bro sis tapi apa ada yang lihat parade skutik touring. adanya konsep modifikasi skutik ala modifikator hebat. heheheheheh πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ . Honda meracik beat series dengan minum fibrasi dan vario dengan ketenangan berkendara. otomatis dari sini Yamah harus berbenah, mesin mio yang terkenal boros masih terbenak di hati konsumen yang pernah memakai mio karbu. Mesin dengan rfibrasi yang lumayan bergetar broo… kalo buat naik. Mainset seperti ini harus dirubah, dengan generasi injeksi ala yamaha dan bla bla bla……lebih cepat lebih baik… ingat pasar skutik gurih dan renyah.. para tante-tante dan ibu rumah tangga lebih nyaman dan enak kalo pakai skutik timbang bebek.
  3. Durability Body (plastik)
    Kekuatan part juga penting diperhatikan oleh pabrikan yang mana dalam produksinya dia melibatkan vendor-vendor tertentu. Banyak testimoni yang masuk ne news room ane bahwa generasi mio yang sekarang material partnya lebih tipis dan keras. apakah ngaruh di kekuatan??? ya jelas bro… hal tersebut haruds difikirkan pabrikan untuk berbenar. sejatine opo seng nak njobo iku kasih aja kualitas terbaik dalam bisa di akali. Itu adalah the real bisnis, downgrade di area plastik menurut kacamata sayaΒ  adalah hal terakhir yang dilakukan untuk menekan cost produksi. Honda dengan beat series dan vario memiliki kualitas plastik yang lebih baik daripada kompetitornya. wal hasil Honda lebih baik dalam menentukan kebijakan finishing bagus di segmen skutik (tidak di sport lo ya) beda item produksi beda kebijakan.
  4. Layanan after sales
    Yups… baik dari honda dan yamaha memiliki layanan service dan spare part yang memadahi dan bisa dibilang terbaik dibanding kompetitor yang lain. Cuman faktor pembeda dalam hal ini adalah nila jual kembali yang mana skutik dengan logo sayap mengepak jauh lebih bagus daripada garputala. yupz?????? masak iya mio berojolan tahun 2011 rondonya cuman 6 – 7 juta. sedangkan beat series dengan tahun berojol yang sama masih banter di harga 9 – 10 juta. Perbedaan 2 – 3 juta itu sangat tinggi lo bro sis prihal sang gen tersebut memiliki segmen pasar yang sama. terus??? bagaimana yamaha melakukan serangan di segmen nilai jual kembali, yupzz… perbaiaki kualitas dan image masyarakat, perluasan pasar dan genjot penjualan asal jangan BC ria. buahahahahah.

GambarDalam hal ini merupakan hal yang wajar jika kualitas terbaik akan menghasilkan market yang baik pula. Last.. emang perlu perbaikan yang terplaning dan akurat mengenai segmen skutik Yamaha yang terkudeta oleh skutik honda. APa kata FBY……………………. ????? πŸ˜€ πŸ˜€ .

Komentar»

1. hulssay - Januari 20, 2014

perang dunia nih..di kudeta..wkwkwk..

http://hulssay.com/2014/01/20/perhatian-aja-gag-cukup/

Suka

nivikoko - Januari 20, 2014

Wuish kalo bahas ini adem ayem.. Gak kek yang semprottt.

Suka

sarungjokcooltech - Maret 28, 2014

kayaknya itu data buat BeAT aja deh bro
coba cek
2013 penjualan BeAT rata 140 ribuan unit/bulan, Vario serises 120 ribuan/bulanini data nya:
http://proud2rideblog.com/2014/01/17/penjualan-matic-honda-vs-yamaha-selama-2013/

***************************************************
nitip jemuran:
http://sarungjokcooltech.wordpress.com/

Suka

2. s0erya - Januari 20, 2014

nyimak

Suka

nivikoko - Januari 20, 2014

Monggo leekkkk

Suka

3. badak - Januari 20, 2014

kalo ane milih vario krn shocknya empuk aja bos,kalo soal boros sih sama aja solo purwodadi 3 liter ga bedalaha mio ,cos ane juga pernah punya

Suka

nivikoko - Januari 20, 2014

yupzzz.. hanya mainset masyarakat yang perlu dirubah yamaha. soale nyokab ane pakai soul jian ampun boros (versi karbu)…

Suka

4. kesuwen antri - Januari 21, 2014

Iya betul jg sih mas..
Hrg second tu bs jg djdkn acuan dr kualitas mtr itu sndiri..

Suka

nivikoko - Januari 22, 2014

yupzz….. cuman ini tidak berlaku untuk generasi suzuki brooo… banyak faktor bro yang mempengaruhi harga mokas. wkwkwkwk πŸ˜€ πŸ˜€

Suka

5. kesuwen antri - Januari 21, 2014

betul jg sih mas..
Hrg second tu bs jg djdkn acuan dr kualitas mtr itu sndiri..

Suka

nivikoko - Januari 22, 2014

yang jadi acuan motor bekas adalah market share bro. semakin tingggi MS nya maka semakin tinggi nilai mokasnya. dengan MS tinggi untuk motor baru secara tidak langsung berpengaruh terhadap daya beli motor bekas sengan MS tertinggi pula. Soo… siapa yang bisa merebut market share palng tinggi mokasnya juga akan tinggi. Contohnya Ninja 250 FI dan CBR250 MS tinggi Ninja FI maka mokas juga tinggi Ninja 250 FI daripada CBR250. Contoh lain honda beat dengan mio, xeon dengan vario. Byson vs NMP. Itu anlisa prematur ane bro.. smeoga sedikit membantu

Suka

6. blitz-r - Januari 21, 2014

Tercatat estimasi diangka 136.205 unit/bulan untuk skutik
dengan pabrikan sayap
mengepak disusul dengan
kompetitornya dengan estimasi
120.995 unit/bulan untuk pasar
skutik pabrikan garputalskutik pabrikan garputalskutik pabrikan garputalskutik pabrikan garputala.
——————-
Angka dari mana tu bang? Bukane beat aja rata-rata

Suka

7. blitz-r - Januari 21, 2014

Tercatat estimasi diangka 136.205 unit/bulan untuk skutik
dengan pabrikan sayap
mengepak disusul dengan
kompetitornya dengan estimasi
120.995 unit/bulan untuk pasar
skutik pabrikan garputala.
——————-
Angka dari mana tu bang? Bukane beat aja rata-rata lebih dari 150.000/bln?

Suka

nivikoko - Januari 21, 2014

Itu udah ane kurungi sumbernya bro. Nyomot otomotife net… Kalpoun ada selisih angka mohon dimaklumi bro. Namanya juga ambil refferensi dri sumber lain. Terkadang ada perbedaan itu wajar. Suwun masukane juwozzz gandhosss

Suka

adiezz86gasspoll - Januari 23, 2014

kyk e diatas 150rb bro perbulan hnya beat aj lo ya.. Blm pario dkk.. Cb deh cek lg datanya.. Sangat telak kok penjualaannya untuk metik..

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

SETIAPWAKTU

Barometer Informasi Segala Zaman

Prayedtotife

apa adanya ditulis....belajar belajar dan belajar

NENDANGBANGET.NET

Semua Berita Paling Nendang Ada Disini

PEYSBLOG

Two Wheel Sketch, Story and Analysis

YUDIBATANG.COM

Berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita Horor Original

OtoBeken

All About Automotive, Gadgets, and Traveling

BladeusMagz

Bladeus Magazine - All About Automotive - Humor - Games - and Many More....

ardiantoyugo.com

Berita Motor Terbaru

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

Aripitstop.com

otomotif news

MenyusuriJalan.Com

Otomotif, Kuliner, Wisata, Jalan-jalan

Ndesoedisi

Blogger Ndeso Berbagi Cerita

RPMSUPER.COM

Blog Otomotif Indonesia

KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

Share Drive|Ride|Pride - Bikes|Cars|Test Ride|Reviews

%d blogger menyukai ini: