jump to navigation

Share : Perawatan Berkala Yamaha NVL Jika Sudah Memasuki 7000 km Januari 17, 2014

Posted by sobatrodadua in Uncategorized.
trackback

Gambar

Siang bro sis sekalian, yupzzz…… ketika kita meminang kendaraan dengan pilihan baru/gres on daler maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan ketika kilometer sudah menyentuh angka 7000. Treatment juga berbeda jika kita meminang sang jaran wesi dengan kondisi seccond atau bekas. Maka perawatan stanard hanya kepada penggantian olie per 2000 km dan general cervise. Nahhhh kalo motor baru udah 7000 km omm???? beda lagi bro sis. sesuai dengan manual book ada beberapa part yang perlu di replace atau nutrisinya perlu ditambah, antara lain :

  1. Busi
  2. Air radiator
  3. Saringan Oli
  4. Oli Mesin (Berkala)
  5. Yamalube carbon cleaner
  1. Busi, Penggantian busi sebenarnya mau trial pakai denso iridium, berhubung motor ane sering minum premium niatan itu ane cancel dari daftar barang yang mau dibeli, karena banyak yang memberikan testimoni bahwa busi iridium hanya untuk motor dengan kompresi tinggi (vixion masuk) dan minum minimal pertamax (nah ini yang belom masuk). malah ngeri kalo minum premium busi tetep iridium maka umur busi gak akan kuat sebulan.. nah looooo….. 😀 😀 . wal hasil kembali ke standard busi dari pabrikan NGK type CR8EGP.
    Gambar
  2. Air Radiator, bener sekali bro sis pada selang kilometer tersebut standard pabrikan emang meberikan layanan penggantian air radiator secara gratis. berhubung sang jaran wesi kilometer udah nangkring angka 70000 ya besok siap-siap dibawa keberes Yamaha dilokasi mojosari untuk di ganti air atau cuman ditambahin.
    Gambar
  3. Filter Oli, saringan oli merupakan komponen yang tak kalah pentingnya dalam mesin. Sesuai standard pabrikan filter harus diganti minimal 10.000 km. kalo ane mau ganti sebelum limits tersebut, artinya lebih cepet lebih baik. Hal ini juga atas pertimbangan karena sang jaran wesi sempet melakukan beberpa trial olie dengan tiga merek yang berbeda.
    Gambar
  4. Olie mesin, yupzzzz bener sekali si pikson ane udah mencoba 3 jenis oli dalam kurun waktu 6 bulan sejak ane pinang bulan lima lalu. Mulai dari standard pabrikan yamalube sport, BM1 PC 1300 dan Shall Advance AX7. Kayaknya besok mau kembali ke standard pabrikan ae bro…. yang lain setelah 1000 km mulai ngos ngosan performa olie ne. Walaupun kemaren sempet mencoba GMO Oil booster untuk meningkatkan performa oli, cuman harganya mayan je 35 k.
    Gambar
  5. Yamalube carbon cleaner, stiap service dan ganti olie ane sempetkan untuk meminumkan suplement pada pikson ane, dengan perbandingan satu botol isi 75 ml : 3 – 5 liter bensin pada tangki, cuup membuat motor ane ketagihan bro sis.
    Gambar

Yupss…… kelima komponen tersebut yang rencana besok akan ane buru, mumpung libur bro sis sekali kali manjakan kuda besi. secara estimasi kocek yang harus dipersiapkan adalah :

  1. NGK type CR8EGP : Rp. 25.000
  2. Yamahacoolant seha : Rp. 31.000 (masih free) 😀 😀
  3. Filter Oli : Rp. 23.000
  4. Yamalube Sport : 34.000
  5. Yamalube carbon cleaner : 21.000

Jadi total untuk perawatan jika motor udah masuk 7000 km kurang lebih Rp. 134.000, untuk ukuran penggantian part bisa dibilang masih ringan dikantong bro sis. Selain barang – barang diatas yang harus ready setiap hari adalah chain lube, kit, smir ban dan sabun colek hahahahaha 😀 😀 😀 .

Oke bro sis, jelas dan gamblang plus ada bonus gambar biar nggak menghayal ria apa saja yang diperlukan jika si kuda besi sudah melanglang buana, melaku – melaku, mlayu – melayu sampek 7000 km. Mungkin ada cara lain dan penggunaan merek lain dalam perawatan berkala motor itu sah-sah saja. ane bukan sales Yamah lo…. barang-barang diatas menurut admin paling cocok untuk di jejelin ke jaran wesi yang notabene produk Yamaha, beda merek beda juga part yang dibutuhkan… otreee 😀 😀 😀

Gambar

Ane sebulan sekali ke dokter, salon san spa om?????? kuat po ora pean mbandani aku??? 😀 😀

Komentar»

1. Sigit - Januari 17, 2014

busi G-Power di tempat ane susah nyarinya, akire pol Platinum 😀

Suka

nivikoko - Januari 17, 2014

nggak berani naik grade ke iridium a broo… heheheh 😀 😀 😀

Suka

Sigit - Januari 17, 2014

punya ane bebek biasa, gak perlu sampe iridium 😀

Suka

nivikoko - Januari 17, 2014

Dulu ane sempet pakai bebek bro, pakai denso lumayan awet businya daripada NGK.

Suka

Sigit - Januari 17, 2014

oh.. Denso yang sekelas NGK Platinum apa yak?

Suka

nivikoko - Januari 17, 2014

jenisnya ini bro Denso U20EPR-9S. kubikasi mesin dan jenis pendingin mesin itu juga berpengaruh terhadap pemilihan jenis busi bro

Suka

2. toreto - Januari 17, 2014

wah 10rb udah harus ganti filter oli ya bro??byson ane. udah 15rb km belum ganti filter oli.berati harus segera ganti ya?ane kmarin sempat ganti2 oli juga pertama pakai yamalube sport,flastron,bm1,yamalube lagi sekarang udah 2x pakai enduro racing,mungkin sterusnya pakai enduro gak mau ganti2 lagi.

Suka

nivikoko - Januari 17, 2014

yupzzz bener sekali bro… karena saringanya kan dari bahan PP plyprophylene butuh replace jika sudah pada titik jenuh > 10.000 km. bijimana bro testinya enduro racing, aku lagi trial trial olie dengan budged < 70 ribu. ada rekomendasi….

Suka

toreto - Januari 17, 2014

ane rekomendasikan pakai enduro racing aja bro,mantap dah pkonya.

Suka

nivikoko - Januari 17, 2014

Masuk dah.. Sae berapa tu… Ane cari review sport 150 cc pakai enduro racing masih sedikit… Tapi kalo bagus, kapan2 ane coba… Thanks bro infonya…

Suka

3. Kobayogas - Januari 17, 2014

Jangan lupa, ganti merk oli, baiknya ganti sekalian filter olinya, biar oli lama gak ikut bercampur dengan oli merk baru….

Busi Iridium… hmmmm, masuk akal kalau pasnya pake ron 92 ke atas terus, soalnya di si Kuro usia pakainya gak jauh beda sama busi standar atau platinum, mending platinum aja sekalian jadinya.

http://kobayogas.com/2014/01/17/nvl-vs-cbsf-seberapa-besar-pengaruh-posisi-tubuh-dalam-adu-drag/

Suka

toreto - Januari 17, 2014

ane pakai busi standart merk denso,memang ada rencana mau pakai denso iridium.tapi ane sering pakai premium gt.kadang pakai pertamax 92 juga si,jarang2.hehe,,,,,,,

Suka

nivikoko - Januari 17, 2014

Yupz bener banget om bay… Dipikir oplosan yo tetap pakai ron 88, mau alih ke iridium malah nanti ngaruh di part lain. Cz pasokan bahan bakar gak sebanding dengan energi listrik yang d keluarkan.
Wuih ganti oli + filter.. Aya naon apa nggak tekor tuhh.. “̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮ “̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮ peace

Suka

Kobayogas - Januari 17, 2014

Tekor di depan apa dibelakang? Mending mana? Kecuali setahun sekali ganti motor ya gak apa2 hehhee

Suka

nivikoko - Januari 18, 2014

“̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮ “̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮ what’s??? Kalo oli tetep sama apa juga ganti filter om??? Tekor itu kalo ngeramut aka ngerawat gambar paling bawah.. Buahahahahahah

Suka

Kobayogas - Januari 18, 2014

Coba baca lagi baik baik… Hehe

Suka

4. Indra - Januari 17, 2014

wuah… sayang bro kalo sudah ganti-ganti merk oli mesin… garansi mesin 3 tahunnya ngilang…

Suka

nivikoko - Maret 5, 2014

nggak ilang bero……. masih ada ko…

Suka

5. NVL Udah 10 bulan, Nah Ini Neh Rentetan Perawatan Rutin Beserta Perubahanya.. Juwosss!!!!! | Munivikoko - Maret 25, 2014

[…] Penggantian air radiator pas masih gratizan euyyy klik disini […]

Suka

6. Muhammad Riza Nur Pratama - Desember 1, 2014

Terimakasih Sekali mbak/om sudah mau berbagi sekali lagi terimakasih bermanfaat sekali Berkunjung juga ya di blog ku HEHEHE
…………………………………………………………………………………………………………………….Download Game Dan Software Full Version

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

SETIAPWAKTU

Barometer Informasi Segala Zaman

Prayedtotife

apa adanya ditulis....belajar belajar dan belajar

NENDANGBANGET.NET

Semua Berita Paling Nendang Ada Disini

PEYSBLOG

Two Wheel Sketch, Story and Analysis

YUDIBATANG.COM

Berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita Horor Original

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

BladeusMagz

Bladeus Magazine - All About Automotive - Humor - Games - and Many More....

lexyleksono

Just want to share my life journey : automotive, photography, traveling, culinary

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Aripitstop.com

otomotif news

MenyusuriJalan.Com

Otomotif, Kuliner, Wisata, Jalan-jalan

Ndesoedisi

Blogger Ndeso Berbagi Cerita

RPMSuper.com

Blog Otomotif Indonesia

KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

Bikes|Cars|Test Ride|Reviews

%d blogger menyukai ini: